Sekjen NATO: China Belajar dari Perang Putin di Ukraina

Rabu, 01 Februari 2023 - 08:12 WIB
loading...
A A A


Dalam pernyataan bersama yang menguraikan rencana untuk meningkatkan kerja sama antara NATO dan Jepang, Stoltenberg dan Kishida menyoroti kekhawatiran atas peningkatan kerja sama militer Rusia dengan China, termasuk melalui operasi bersama dan latihan di dekat Jepang.

Mereka juga mengatakan bahwa mereka sangat menentang setiap upaya sepihak untuk mengubah status quo dengan kekerasan atau paksaan di Laut China Timur, mendesak penyelesaian damai atas masalah lintas-Selat.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO, yang beranggotakan AS, Kanada, dan Eropa, menyebut China untuk pertama kalinya dalam Konsep Strategis 2022, menjabarkan prioritas aliansi itu untuk dekade mendatang.

Para pemimpin NATO pada pertemuan puncak mereka pada Juni lalu sepakat, yang juga dihadiri oleh mitra Asia-Pasifik seperti Jepang dan Australia, bahwa China menimbulkan tantangan sistemik dan memperingatkan tentang kemitraan strategis yang semakin dalam antara Beijing dan Moskow.

Stoltenberg juga menyuarakan keprihatinan tentang aktivitas nuklir Korea Utara dan uji coba rudal balistiknya. Dia menuding negara itu engirimkan rudal ke kelompok Wagner Rusia untuk digunakan melawan Ukraina.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)