China Peringatkan Ketua DPR AS yang Baru Tidak Kunjungi Taiwan

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:05 WIB
loading...
A A A
China mengklaim Taiwan - negara pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri di lepas pantai China - memiliki pemerintahan yang tidak sah dan China memiliki kendali yang sah atas pulau itu. Ketika Presiden China Xi Jinping memperluas kekuasaannya di China, kekhawatiran meningkat bahwa dia akan berusaha untuk mengontrol Taiwan di tahun-tahun mendatang, melalui ekonomi, militer, atau cara lain.

Sementara secara resmi menganut kebijakan "satu China", yang tidak mengakui kedaulatan Taiwan, AS secara konsisten mendukung Taiwan baik secara ekonomi maupun militer sebagai benteng demokrasi melawan pemerintah China yang otoriter.



Presiden AS Joe Biden telah berulang kali menyarankan agar dia mengirim pasukan AS untuk membantu mengusir potensi invasi China ke pulau itu.

Setelah kunjungan Pelosi ke ibu kota Taiwan, Taipei pada Agustus lalu, yang datang dengan dukungan bipartisan yang luas, China menanggapi dengan unjuk kekuatan besar-besaran, termasuk latihan udara dan laut serta potensi serangan siber terhadap pemerintah Taiwan.

Pejabat China, pada saat itu, menyebut kunjungan Pelosi “seperti bermain api.”

Latihan itu meningkat dalam beberapa bulan terakhir, termasuk rekor jumlah pesawat China yang mendekati wilayah udara Taiwan pada bulan Desember.

Latihan itu kemungkinan menjadi respons atas pengumuman administrasi Biden tentang tambahan senjata senilai USD425 juta untuk pertahanan Taiwan, yang dibuat beberapa minggu sebelumnya. Penjualan itu mendapat pujian bipartisan, dan anggota parlemen di kedua sisi lorong mendorong pemerintahan Biden untuk mendapatkan lebih banyak bantuan Taiwan.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)