3 Negara yang Melarang Lato-lato Dimainkan, dari Potensi Bahaya hingga Dianggap Melecehkan

Senin, 30 Januari 2023 - 19:00 WIB
loading...
3 Negara yang Melarang Lato-lato Dimainkan, dari Potensi Bahaya hingga Dianggap Melecehkan
Permainan Lato-lato populer di Indonesia. Foto/dok
A A A
WASHINGTON - Terdapat sekitar tiga negara yang melarang Lato-lato untuk dimainkan. Salah satunya adalah negara adidaya Amerika Serikat (AS).

Lato-lato merupakan mainan populer yang belakangan banyak dimainkan masyarakat Indonesia. Singkatnya, mainan ini berupa dua bola plastik yang diikatkan pada seutas tali.

Tak hanya Indonesia, ternyata Lato-lato ini juga banyak ditemui di negara-negara lain. Namun, di antaranya justru ada sebagian yang melarang mainan ini dengan berbagai alasan yang berbeda.

Berikut tiga negara yang melarang Lato-lato untuk dimainkan.

1. Amerika Serikat

Orang luar negeri mengenali Lato-lato dengan sebutan clackers. Mengutip laman Quartz, Senin (30/1/2023), pada awal 70-an tercatat ratusan pembuat mainan sudah memproduksi jutaan Clackers di seluruh dunia.

Namun, sekitar tahun 1971 terjadi insiden yang terkait permainan Lato-lato ini dan membuat 4 orang cedera menurut laporan New York Times.

Hal ini membuat Food and Drug Administration (FDA) AS memberi peringatan kepada publik terkait Clackers alias Lato-lato.

Pada keberlanjutannya, FDA menetapkan standar keamanan baru untuk produsen mainan secara lebih ketat. Alhasil, Clackers atau Lato-lato ini ditarik peredarannya dari pasar.

2. Mesir
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)