Netanyahu Akan Permudah Warga Israel Mendapatkan Senjata Api

Minggu, 29 Januari 2023 - 21:00 WIB
loading...
Netanyahu Akan Permudah Warga Israel Mendapatkan Senjata Api
Netanyahu Akan Permudah Warga Israel Mendapatkan Senjata Api. FOTO/Reuters
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah mengumumkan rencana untuk mempermudah warga Israel mendapatkan senjata api . Rencana itu muncul di tengah meningkatnya kekerasan di wilayah Palestina yang diduduki.

Netanyahu mengumumkan tindakan itu pada Sabtu (28/1/2023) malam, setelah mengadakan pertemuan kabinet keamanannya. Kabinet ini diisi oleh sejumlah politisi garis keras.



Rencana itu muncul setelah tujuh orang tewas dalam penembakan di luar sinagoga Yerusalem Timur pada Jumat (27/1/2023). Penembakan akhir pekan terjadi menjelang akhir bulan konfrontasi yang berkembang dan mengikuti serangan Israel di kota Jenin Tepi Barat yang diduduki yang menewaskan 9 warga Palestina.

Netanyahu berjanji untuk mempercepat izin senjata bagi warga Israel dan meningkatkan upaya untuk mengumpulkan "senjata ilegal". Dia menambahkan bahwa rumah para tersangka penyerang juga akan segera disegel sebelum penghancuran "untuk mendapatkan harga tambahan dari mereka yang mendukung terorisme".

Kantornya kemudian mengatakan tunjangan jaminan sosial untuk keluarga penyerang juga akan dibatalkan. Selain itu, ia menjanjikan langkah-langkah baru untuk “memperkuat” pemukiman ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki tetapi tidak memberikan rincian.



Editor Diplomatik Al Jazeera James Bays, yang melaporkan dari Yerusalem Timur yang diduduki, mengatakan rencana Netanyahu untuk menyetujui lebih banyak izin senjata bagi warga Israel datang karena polisi Israel juga mendorong mereka yang memiliki izin untuk membawa senjata mereka.

“Sementara Netanyahu mendesak orang Israel untuk tidak mengambil hukum ke tangan mereka sendiri, dia juga meletakkan lebih banyak senjata ke tangan yang sama,” kata Bays.

Bays kemudian menggambarkan tindakan terhadap keluarga Palestina sebagai “hukuman kolektif” dan “sebuah pelanggaran hak asasi manusia yang jelas”.



Sementara analis politik senior Al Jazeera, Marwan Bishara, mengatakan mempersenjatai warga sipil di Israel dapat semakin meningkatkan kekerasan. “Mereka mencoba mempersenjatai lebih lanjut orang-orang yang sudah bersenjata di Yerusalem dan Tepi Barat,” kata Bishara.

“Lebih banyak kekerasan dan lebih banyak penderitaan hanya akan terjadi di tangan [kelompok] paling ekstrem di Israel dan berpotensi di Palestina,” lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)