Psywar, TV Rusia Rilis Video Penghancuran Tank Abrams AS

Minggu, 29 Januari 2023 - 09:01 WIB
loading...
Psywar, TV Rusia Rilis Video Penghancuran Tank Abrams AS
AS memutuskan untuk mengirimkan 31 tank Abrams ke Ukraina. Foto/Al Arabiya
A A A
MOSKOW - Salah satu stasiun televisi Rusia melancarkan psywar atas keputusan Amerika Serikat (AS) mengirimkan tank Abrams ke Ukraina . Mereka mencemooh tank kebanggaan AS itu dan potensinya membuat perbedaan di medan perang.

Dalam sebuah video, narator stasiun televisi itu menggambarkan bagaiman tank Abrams digunakan oleh Arab Saudi selama perang saudara di Yaman di mana mereka mengalami kerugian besar. Di samping gambar ledakan yang tidak diketahui, sang narator mengatakan bahwa tank tersebut telah ditembak jatuh oleh sistem roket artileri Soviet dan rentan terhadap senjata modern.

Narator itu kemudian mengatakan bahwa tank T-90 Rusia memiliki jarak tembak yang lebih baik daripada Abrams AS dan juga jauh lebih ringan serta lebih murah daripada kendaraan Amerika.

Narator juga mencatat bagaimana media Barat melaporkan bahwa Rusia akan menggunakan tank terbarunya T-14 Armata dalam pertempuran, meskipun pejabat pertahanan Inggris mengatakan bahwa kendaraan ini telah dirundung masalah teknis dan banyak yang berada dalam "kondisi buruk".



Tetapi narator Rusia memberikan alat peraga Armata, dengan mengatakan bahwa mereka adalah kendaraan berteknologi tinggi dengan sensor kompleks, pemancar data, dan drone on-board.

Video itu di-tweet pada hari Sabtu oleh Anton Gerashchenko, penasihat kementerian urusan dalam negeri Ukraina. Mengejek perbandingan segmen tank, Gerashchenko menulis: "'Tank Rusia jauh lebih baik daripada tank Abrams!', Propaganda Rusia mendapat tugas baru," seperti dilansir dari Newsweek, Minggu (29/1/2023).

Pengiriman tank Abrams dari AS adalah bagian dari janji Barat untuk membantu Ukraina dengan tank, dengan Jerman mengumumkan akan memberikan Kiev Leopard 2 dan Inggris memberikan 14 tank Challenger 2.



Tank Abrams membutuhkan bahan bakar jet dan pensiunan Angkatan Darat AS Kolonel Michael Linick, analis di think tank RAND Corporation, mengatakan kepada Forces.net bahwa tank AS akan membutuhkan jalur logistik bahan bakar terpisah yang tidak diperlukan untuk Leopard dan Challenger 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)