Dua Jet Tempur India Jatuh, Satu Pilot Terluka

Sabtu, 28 Januari 2023 - 16:36 WIB
loading...
Dua Jet Tempur India Jatuh, Satu Pilot Terluka
Satu pilot terluka dalam insiden jatuhnya 2 jet tempur India yang bertabrakan di udara. Foto/NDTV
A A A
NEW DELHI - Dua jet tempur Angkatan Udara India jatuh pada Sabtu (28/1/2023) dalam tabrakan di udara saat latihan sekitar 300 kilometer selatan ibu kota New Delhi. Hal itu diungkapkan pihak kepolisian setempat di lokasi kecelakaan.

Kedua jet tempur lepas landas pada pagi hari dari pangkalan udara Gwailor, sekitar 50 kilometer sebelah timur dari tempat mereka jatuh.

"Kami telah menemukan reruntuhan salah satu pesawat dan menemukan seorang pilot yang terluka di hutan Pahadgarh," kata petugas Dharmender Gaur kepada AFP dari lokasi kecelakaan.

"Pesawat lain kemungkinan jatuh lebih jauh dari lokasi dan kami telah mengirim tim untuk menemukannya," kata kepolisian seperti dilansir dari France 24.

Harian lokal, Hindustan Times melaporkan, Angkatan Udara India sedang menyelidiki apakah pesawat-pesawat itu bertabrakan di udara.



Menurut laporan itu, jet tempur Su-30 membawa dua pilot dan jet Mirage membawa satu pilot.

"Saya telah menginstruksikan pemerintah setempat untuk bekerja sama dengan angkatan udara dalam upaya penyelamatan dan bantuan cepat," kata Ketua Menteri Madhya Pradesh Shivraj Singh Chouhan di Twitter.

"Saya berdoa kepada Tuhan agar pilot pesawat selamat," sambungnya.

Kecelakaan itu adalah yang terbaru dari serangkaian kecelakaan penerbangan yang melibatkan armada udara militer India.

Lima tentara tewas Oktober lalu ketika helikopter mereka jatuh di negara bagian Arunachal Pradesh, dekat perbatasan militer dan sengketa negara itu dengan China.

Itu adalah kecelakaan helikopter militer kedua di negara bagian bulan itu, terjadi beberapa minggu setelah helikopter Cheetah jatuh di dekat kota Tawang, menewaskan pilotnya.



Kepala pertahanan India, Jenderal Bipin Rawat, termasuk di antara 13 orang yang tewas ketika helikopter Mi-17 buatan Rusia miliknya jatuh saat membawanya ke pangkalan angkatan udara pada Desember 2021.

Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi sedang bergulat dengan tugas mendesak merombak angkatan bersenjata India yang sudah ketinggalan zaman.

Pembentukan militernya mencemaskan meningkatnya ketegasan China di sepanjang perbatasan Himalaya yang luas, yang pada 2019 memicu pembekuan diplomatik setelah konfrontasi mematikan di ketinggian antara pasukan kedua negara.

India meluncurkan kapal induk buatan lokal pertamanya tahun lalu sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk membangun industri pertahanan dalam negeri dan mengurangi ketergantungan pada Rusia, yang secara historis merupakan pemasok senjata terpentingnya.

Upaya untuk mereformasi perekrutan militer untuk memangkas gaji pertahanan India yang membengkak terhenti tahun lalu setelah reaksi keras dari calon tentara, yang membakar gerbong kereta dan bentrok dengan polisi dalam protes sengit.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)