7 Fakta Rudal HAWK Israel yang Diminta AS untuk Lawan Rusia

Kamis, 26 Januari 2023 - 21:10 WIB
loading...
7 Fakta Rudal HAWK Israel yang Diminta AS untuk Lawan Rusia
Rudal HAWK diproduksi Amerika Serikat. Foto/twitter
A A A
TEL AVIV - Rudal HAWK yang tergolong sebagai senjata tua buatan Amerika Serikat (AS) ini rupanya masih memiliki tajinya tersendiri di medan tempur.

Baru-baru ini sempat terjadi perdebatan terkait rudal HAWK, sebab Israel yang masih menyimpan senjata tersebut enggan menuruti perintah AS untuk mengirim peluru kendali itu ke Ukraina.

Israel menolak lantaran khawatir akan memicu ketegangan dengan Rusia, di mana kedua negara ini memang telah menjalin hubungan yang baik.

Terdapat beberapa fakta menarik berkaitan dengan rudal HAWK, diantaranya sebagai berikut:

1. Beroperasi Sejak 1960

Menurut Army Recognition, HAWK (Hoaming All the Way Killer) yang dirancang oleh Perusahaan Pertahanan Amerika sejak 1954.

Uji coba untuk senjata ini pertama kali dilakukan pada tahun 1956. Hingga pada akhirnya rudal HAWK mulai beroperasi di tahun 1960-an.

2. Pernah Jadi Senjata Andalan di Wilayah Konflik

Sejak kemunculannya tahun 1960, rudal HAWK mulai diminati beberapa negara. Tercatat bahwa senjata ini pernah digunakan selama krisis di Kuba, Perang Vietnam, hingga perang di Teluk Persia.

Selain itu HAWK juga turut andil dalam pertempuran antara Palestina-Israel, perang Iran-Irak, hingga invasi Irak ke Kuwait.

3. Memiliki Tiga Varian

Tiga varian rudal ini yakni HAWK fase I yang digunakan pada tahun 1979 hingga 1981. Kemudian HAWK fase II, beroperasi pada tahun 1983 hingga 1986.

Kemudian terakhir yakni fase III digunakan sejak 1989 hingga awal 2000-an.

4. Jangkauan dan Kecepatan

Rudal HAWK yang diluncurkan menggunakan motor dorong ganda ini memiliki jangkauan minimum 2 km, dan jangkauan maksimum 25 km, dengan ketinggian minimum 60 meter, dan ketinggian maksimal mencapai 11.000 meter.

Melansir dari Forbes, versi upgrade dari HAWK ini dapat mencapai kecepatan Mach 2,5, meskipun tidak memiliki kemampuan menangani gangguan dari rudal modern.

5. Telah Dimuseumkan oleh Beberapa Negara

Veteran tua yang namanya kembali mencuat ini telah ditemukan di beberapa museum militer di beberapa negara seperti, di Fort Bliss AS, kemudian ada juga di Denmark dan Yunani.

6. Posisinya telah Tergantikan

Pernah menjadi senjata andalan di beberapa dekade lalu, rudal HAWK kini hanya menjadi penghias gudang senjata di beberapa negara.

Posisinya di Negeri Paman Sam sendiri telah digantikan rudal Patriot yang dinilai lebih mumpuni sejak awal tahun 2000-an silam.

7. Meski Tua Namun Masih Bisa Digunakan

Dalam pidato Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan, "Rudal HAWK memang bukan lagi teknologi canggih. Namun masih bisa membantu suatu negara untuk mempertahankan diri."

Namun ancaman besar yang menanti HAWK saat ini adalah banyaknya drown murah berteknologi canggih dalam perang yang membuat kinerja rudal veteran tersebut semakin tenggelam.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)