Jerman Resmi Kirim 14 Tank Leopard 2 ke Ukraina

Rabu, 25 Januari 2023 - 20:32 WIB
loading...
Jerman Resmi Kirim 14 Tank Leopard 2 ke Ukraina
Kanselir Jerman Olaf Scholz berbicara di depan tank Leopard 2. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Pemerintah Jerman secara resmi memutuskan mengirim 14 tank Leopard 2 ke Ukraina. Kabar itu diumumkan juru bicara Steffen Hebestreit kepada wartawan pada Rabu (25/1/2023).

Pada Selasa, Kanselir Jerman Olaf Scholz berjanji Berlin akan mengirimkan kompi tank tempur utama Leopard 2 ke Ukraina.

"Pada hari Rabu, Kanselir Olaf Scholz mengumumkan di kabinet bahwa Jerman akan lebih meningkatkan dukungan militernya untuk Ukraina. Dia mengatakan pemerintah federal telah memutuskan menyediakan angkatan bersenjata Ukraina dengan tank tempur utama Leopard 2," papar Hebestreit.

Dia menjelaskan, “Keputusan itu dibuat menyusul negosiasi intensif yang diadakan dengan mitra terdekat Jerman di Eropa dan internasional.”

“Tujuannya adalah untuk segera meningkatkan dua batalyon tank dengan tank Leopard 2 untuk Ukraina. Pada tahap pertama, Jerman akan menyediakan kompi yang terdiri dari 14 tank Leopard 2 A6 dari stok Bundeswehr,” papar juru bicara itu.

Baca juga: Tak Hanya 1, AS Disebut Siap Kirim 50 Tank Abrams ke Ukraina

“Mitra Eropa Jerman, pada gilirannya, juga akan menyerahkan tank Leopard 2 ke Ukraina,” ungkap pejabat itu.

Selain itu, paket bantuan baru Jerman akan mencakup amunisi, pemeliharaan sistem, dan bantuan logistik, menurut juru bicara tersebut.

Kedutaan Besar Rusia di Jerman bereaksi dengan memperingatkan, “Keputusan yang sangat berbahaya ini menggeser konflik Ukraina ke tingkat kebuntuan yang baru.”

“Pilihan Berlin untuk memasok tank ke Kiev berarti penolakan terakhir atas tanggung jawab sejarah Jerman kepada rakyat Rusia,” tegas Kedutaan Besar Rusia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1277 seconds (10.177#12.26)