Polandia Minta Restu Jerman Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina

Selasa, 24 Januari 2023 - 23:22 WIB
loading...
Polandia Minta Restu Jerman Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina
Polandia telah mengajukan izin untuk mengirimkan tank Leopard 2 ke Ukraina kepada Jerman. Foto/New York Times
A A A
WARSAWA - Menteri Pertahanan Polandia secara resmi telah meminta persetujuan dari Jerman untuk memindahkan beberapa tank Leopard 2 buatan Berlin ke Ukraina . Ini semakin meningkatkan tekanan pada Jerman untuk merepons permohonan Kiev dan mengirim tanknya sendiri ke medan perang.

"Jerman telah menerima permintaan kami untuk persetujuan untuk transfer tank Leopard 2 ke Ukraina," kata Mariusz Blaszczak di Twitter.

“Saya juga mengajukan banding ke tim Jerman untuk bergabung dengan koalisi negara-negara yang mendukung Ukraina dengan tank Leopard 2. Ini adalah tujuan umum kita, karena ini tentang keamanan seluruh Eropa!” serunya seperti dikutip dari CNN, Selasa (24/1/2023).

Pemerintah Jerman telah mengkonfirmasi menerima permintaan itu. Namun, negara itu tidak mengatakan seberapa cepat akan mengambil keputusan terkait hal itu, namun menekankan bahwa proses tersebut akan terjadi dengan urgensi yang diperlukan.

Jerman sejauh ini menolak seruan dari Polandia, Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara NATO lainnya untuk memindahkan tank ke Ukraina, atau memberi wewenang kepada negara lain untuk mengirim beberapa tank Leopard 2 milik mereka ke Kiev.

Posisi itu telah menyebabkan perseteruan selama berminggu -minggu antara para pemimpin Jerman dan Polandia, dengan Perdana Menteri Mateusz Morawiecki menuduh Jerman membuang-buang waktu dengan gagal mengambil keputusan.

Baca: Kremlin: Ragu Kirim Tank Leopard ke Ukraina Tanda Sekutu NATO Gugup

“Kami sedang mempersiapkan keputusan kami dan itu akan segera datang,” kata Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius selama konferensi pers bersama dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada hari ini.

Ia menambahkan bahwa jika keputusan mengirim tank tersebut, Jerman akan bertindak segera.

Polandia, bersama dengan sejumlah negara Eropa, memiliki sejumlah tank Leopard 2 sendiri yang ingin diekspor kembali. Dengan aturan Berlin harus menyetujui langkah seperti itu, tetapi pemerintah Jerman telah mengindikasikan tidak akan menghalangi Polandia mengirim tank Leopard 2 melintasi perbatasan timurnya ke Ukraina.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4033 seconds (10.177#12.26)