Al-Quran Hendak Dibakar Demonstran, Turki Batalkan Kunjungan Menhan Swedia

Minggu, 22 Januari 2023 - 05:01 WIB
loading...
Al-Quran Hendak Dibakar Demonstran, Turki Batalkan Kunjungan Menhan Swedia
Menteri Pertahanan (Menhan) Swedia Pal Jonson. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Kunjungan terjadwal ke Turki oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Swedia Pal Jonson dibatalkan sehubungan dengan demonstrasi yang direncanakan di ibukota Swedia selama akhir pekan.

Perjalanan itu merupakan bagian dari upaya Swedia membatalkan keberatan Ankara terhadap tawaran NATO-nya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Turki memanggil duta besar Swedia tentang rencana yang dilaporkan pemimpin partai politik sayap kanan Denmark Stram Kurs, Rasmus Paluda, untuk membakar Alquran di Stockholm.

"Pada titik ini, kunjungan Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson ke Turki pada 27 Januari telah kehilangan signifikansi dan maknanya, jadi kami membatalkan kunjungan tersebut," ujar Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar dikutip media.



Dia menambahkan bahwa Swedia tetap mengizinkan demonstrasi “menjijikkan” menentang Turki.

Swedia telah mempersiapkan diri untuk beberapa demonstrasi di Stockholm.

Pemimpin partai politik Denmark Stram Kurs (Garis Keras), Rasmus Paludan, sebelumnya mendapat izin untuk membakar salinan Alquran, kitab suci umat Islam, di luar kedutaan Turki di Stockholm pada 21 Januari.



Politisi Denmark-Swedia ini terkenal sebagai pembakar Alquran dan telah melakukan tindakan seperti itu sebelumnya.

Menurut Paludan, hal itu dilakukan untuk mendukung kebebasan berekspresi yang menurutnya "hilang di sana-sini".

Paludan mencap Presiden Turki sebagai "diktator Islam", pandangan yang dianut pemimpin Demokrat Swedia Jimmie Akesson.

Turki memanggil duta besar Swedia di Ankara untuk menolak tindakan provokatif yang direncanakan Paludan "dalam istilah yang paling kuat", menurut seorang sumber diplomatik.

Juru bicara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Ibrahim Kalin di Twitter mengutuk apa yang dia katakan jelas sebagai "kejahatan rasial".

"Mengizinkan tindakan ini, terlepas dari semua peringatan kami, mendorong kejahatan rasial dan Islamofobia," ujar dia.

Juga pada Sabtu, kelompok-kelompok yang terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dicap sebagai teroris oleh Ankara, berencana mengadakan demonstrasi di Stockholm pusat.

Sebelumnya pada bulan Januari, duta besar Swedia untuk Turki dipanggil setelah pendukung PKK yang berdemonstrasi di ibukota Swedia menggantung patung Erdogan di kakinya.

Insiden itu mendorong Kantor Kejaksaan Agung Turki untuk membuka kasus kriminal dalam aksi tersebut.

Mengenai pembakaran Al-Qur'an, Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom menolak berspekulasi tentang bagaimana protes resmi polisi Paludan dapat mempengaruhi upaya Swedia bergabung dengan NATO.

Dia mengatakan kepada media pada tanggal 20 Januari bahwa, "Segala sesuatu yang memperpanjang proses yang tidak perlu tentu saja merupakan sesuatu yang kami anggap sangat serius."

Swedia, bersama dengan negara tetangga Finlandia, membutuhkan persetujuan Turki untuk bergabung dengan NATO.

Pada Mei 2022, kedua negara meninggalkan puluhan tahun non-blok militer dan melamar untuk bergabung dengan aliansi, karena merasa situasi keamanan di Eropa telah berubah.

Namun, pertimbangan tawaran tersebut awalnya diblokir Turki karena dukungan lama Helsinki dan Stockholm untuk PKK.

Dalam langkah terobosan, Turki, Swedia, dan Finlandia menandatangani memorandum keamanan pada Juni 2022 yang meluncurkan negosiasi tentang aksesi kedua negara Skandinavia itu ke NATO.

Kedua belah pihak sepakat meningkatkan kerja sama dalam perang melawan terorisme, termasuk langkah-langkah melawan PKK, dan mencabut pembatasan ekspor senjata ke Turki.

Turki dan Hongaria adalah satu-satunya negara dari 30 anggota aliansi yang belum menyetujui keanggotaan dua kandidat baru.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)