Sejarah dan Asal Usul Imlek dari China, Berawal dari Era Dinasti Shang

Sabtu, 21 Januari 2023 - 11:21 WIB
loading...
Sejarah dan Asal Usul Imlek dari China, Berawal dari Era Dinasti Shang
Perayaan Tahun Baru China atau Imlek berawal pada era Dinasti Shang di abad ke-14 SM. Foto/Newsweek
A A A
JAKARTA - Sejarah dan asal-usul Imlek menjadi sebuah pembahasan menarik yang layak diketahui. Tak hanya etnis China , namun juga bagi masyarakat umum.

Sebagai salah satu hari besar bagi masyarakat China di seluruh dunia, Tahun Baru Imlek atau Lunar New Year ini dirayakan setiap tahunnya dengan berbagai bentuk perayaan yang meriah.

Sementara itu, untuk tahun 2023 ini, Tahun Baru Imlek akan jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023 esok.

Lantas, bagaimana sebenarnya sejarah dan asal usul Imlek ini? Simak ulasannya.

Sejarah Tahun Baru Imlek diperkirakan telah hadir sejak 3.500 tahun yang lalu. Tepatnya saat era Dinasti Shang pada abad ke-14 SM di bawah pemerintahan Kaisar Wu dari Han.



Mengutip laman China Highlights, Sabtu (21/1.2022), saat itu orang-orang mengadakan sebuah upacara pengorbanan yang ditujukan sebagai penghormatan kepada dewa dan leluhur di awal atau akhir tahun.

Seiring perkembangannya, sejarah Imlek turut diwarnai dengan berbagai pembaruan-pembaruan di masing-masing dinasti. Sebagai contoh, muncul istilah ‘Nian’ atau ‘Tahun’ pada Dinasti Zhou, hingga penetapan tanggal Tahun Baru atau Festival Musim Semi berdasarkan kalender Lunar Tiongkok pada era Dinasti Han.

Di era Dinasti, kegiatan perayaan juga terus berkembang. Hal ini ditunjukan dengan munculnya hal baru seperti membakar bambu untuk membuat suara retakan yang cukup keras.

Beralih ke Dinasti Wei dan Jin, selain menyembah para dewa dan leluhur, orang-orang mulai melakukan hal lain yang bisa menghibur mereka. Contohnya seperti kumpul keluarga untuk membersihkan rumah bersama, makan malam, hingga begadang di malam tahun baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2793 seconds (0.1#10.140)