Iran Berupaya Tembak Jatuh 'Jet Tempur Siluman F-35' dalam Latihan Perang

Sabtu, 21 Januari 2023 - 01:35 WIB
loading...
A A A
Menurut beberapa klaim, sumber di Iran mengonfirmasi bahwa drone tersebut dibuat dengan desain tata letak yang menyerupai pesawat tempur F-35 dan digunakan untuk memperkuat pertempuran Iran melawan pesawat tempur Israel dan Amerika Serikat. Ini penting karena ketegangan terus meningkat di wilayah tersebut baru-baru ini.

Iran melacak atau mensimulasikan serangan terhadap pesawat mirip F-35 penting karena Israel telah mengancam akan menyerang menggunakan pesawat F-35I Adir terhadap instalasi nuklir Iran. Kemungkinan besar militer Iran sedang berlatih untuk mencapai target dengan sistem pertahanan udara yang ada dengan bantuan drone semacam itu.

Namun, kemampuan Iran untuk mencegat jet tempur siluman F-35 telah menjadi ambisi sejak lama.

Pesawat tempur F-35 Israel dilaporkan berulang kali menembus ruang udara Iran, menurut sebuah laporan di outlet berita Saudi, Elaph, pada Agustus 2022 yang berarti pesawat siluman itu mampu menghindari pertahanan udara Iran.

Sebaliknya, media pemerintah Rusia, TASS, melaporkan tahun lalu bahwa pesawat tempur F-35 AS berhasil terlihat dan dilacak di dekat perbatasan Iran selama eskalasi ketegangan pada awal tahun 2020.

Iran membeli radar buatan Rusia, Rezonans-NE, untuk mengidentifikasi dan melacak pesawat siluman dan target hipersonik.

Iran Siap Lawan F-35 Israel

Kecewa dengan pembicaraan nuklir AS-Iran, Israel telah mengeluarkan banyak peringatan bahwa mereka akan mengebom fasilitas nuklir Iran jika negosiasi gagal. Pada bulan September, Mantan Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengunjungi pangkalan udara Nevatim, rumah bagi skuadron jet tempur F-35 Angkatan Udara Israel (IAF).



Berdiri di depan F-35, Lapid berkata, “Jika Iran terus menguji kami, itu akan menemukan lengan panjang dan kemampuan Israel. Kami akan terus bertindak di semua lini melawan terorisme dan melawan mereka yang berusaha menyakiti kami."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)