Ekonomi Salah Urus, Korut Dilaporkan Alami Krisis Pangan Terburuk

Jum'at, 20 Januari 2023 - 20:29 WIB
loading...
Ekonomi Salah Urus, Korut Dilaporkan Alami Krisis Pangan Terburuk
Korea Utara (Korut) dilaporkan tengah menghadapi krisis pangan terburuk sejak kelaparan massal tahun 1990-an. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) dilaporkan tengah menjalani periode krisis pangan terburuk sejak kelaparan massal yang menghancurkan hampir 30 tahun lalu. Hal itu berdasarkan laporan dari situs pemantau yang berbasis di Amerika Serikat (AS), 38North.

Laporan itu hasil dari menganalisis data dari sumber sejumlah sumber -sumber termasuk Program Pangan Dunia AS, Departemen Pertanian AS dan outlet berita independen Daily NK.

Mengutip salah urus ekonomi, efek pandemi Covid-19, dan kenaikan harga pangan global, laporan tersebut menyimpulkan bahwa keseimbangan biji-bijian bersih Korea Utara telah turun di bawah kebutuhan manusia minimum.

"Ketersediaan makanan kemungkinan jatuh di bawah minimum yang tidak sesuai dengan kebutuhan manusia, dan pada satu metrik, adalah yang terburuk sejak kelaparan negara itu pada 1990-an," bunyi laporan itu seperti dikutip dari UPI, Jumat (20/1/2023).

Situs pemantau 38North diterbitkan oleh badan think tank yang berbasis di Washington The Stimson Center.

Perkiraan korban yang meninggal akibat kelaparan di Korut pada 1990-an sangat bervariasi. Tetapi kelaparan sekitar tahun 1994-1998 - disebut secara halus sebagai "Maret yang sulit" oleh para pemimpin Korut - mungkin telah menewaskan satu juta orang, atau 5% dari populasi pada saat itu.



Data laporan itu menunjukkan bahwa harga jagung melonjak lebih tinggi dari padi, tanaman pokok utama negara itu, setelah penutupan perbatasan akibat Covid-19 pada tahun 2020. Ini menandakan kekurangan makanan rumah tangga yang serius.

Pembatasan transportasi domestik biji -bijian selama pandemi juga memperburuk situasi. Pada awal 2021, harga pangan Korut mulai melambung di atas harga global, tanda kerusakan pasokan.

"Bukti yang disajikan sejauh ini menunjukkan kemunduran yang signifikan dalam kondisi kehidupan dan keadaan darurat kemanusiaan yang kompleks yang berkelanjutan dengan kerawanan pangan pada intinya," kata laporan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)