Penjaga Pantai AS Deteksi Kapal Pengintai Rusia di Lepas Pantai Hawaii

Jum'at, 20 Januari 2023 - 06:30 WIB
loading...
Penjaga Pantai AS Deteksi Kapal Pengintai Rusia di Lepas Pantai Hawaii
Penjaga Pantai AS Deteksi Kapal Pengintai Rusia di Lepas Pantai Hawaii. FOTO/US Coast Guard
A A A
WASHINGTON - Sebuah kapal mata-mata Rusia terdeteksi sedang berpatroli di lepas pantai Hawaii . Namun, sejauh ini tetap berada di perairan internasional, kata Pentagon, Kamis (19/1/2023).

Meskipun kemunculan kapal pengintai Rusia di sepanjang garis pantai Amerika Serikat (AS) bukanlah hal yang aneh, namun yang satu ini telah menarik lebih banyak perhatian karena meningkatnya ketegangan antara AS dan Rusia atas invasi Moskow ke Ukraina.



Selain itu juga masih adanya ancaman terselubung untuk menggunakan senjata nuklir. Seperti dilaporkan AP, kapal pengintai Kareliya kelas Vishnya telah dipantau oleh Penjaga Pantai AS yang berlayar di dekat Hawaii selama beberapa pekan terakhir.

"Saya tidak dapat berbicara mengapa Rusia berlayar dengan kapal sekarang, ini adalah waktu yang genting," kata juru bicara Pentagon, Sabrina Singh. Menurutnya, Penjaga Pantai AS masih memantau kapal yang telah beroperasi di perairan internasional.

“Kami belum melihat perilaku yang tidak aman atau tidak profesional dan kami berharap Rusia akan beroperasi di wilayah tersebut sesuai dengan hukum internasional,” kata Singh.



Dalam video yang diposting ke Twitter oleh Penjaga Pantai AS, kapal tersebut tampaknya ditarik oleh kapal lain atau dalam mode pasokan.

"Komando Indo-Pasifik AS sedang memantau kapal-kapal Rusia yang beroperasi di perairan internasional di Pasifik Barat,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan. “Karena Rusia beroperasi di kawasan itu, diharapkan untuk melakukannya sesuai dengan hukum internasional,” lanjut pernyataan tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)