Berusia 115 Tahun, Wanita Spanyol Kelahiran AS Ini Manusia Tertua di Dunia

Kamis, 19 Januari 2023 - 15:43 WIB
loading...
A A A
Maria menikah dengan dokter Catalan Joan Moret pada usia 23 tahun pada tahun 1931 dan kemudian memiliki tiga anak bersamanya dan mengungkapkan dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa dia memiliki 11 cucu dan 13 cicit.

Dia telah melihat orang tuanya, tiga saudara kandung dan satu dari tiga anaknya meninggal, serta suaminya yang meninggal dunia ketika dia berusia 72 tahun.



Dalam wawancara dengan harian Katalan La Vanguardia pada Oktober 2019, dia mengenang saat menonton TV untuk pertama kalinya pada 15 Desember 1960 ketika Raja Baudouin dari Belgia menikah dengan bangsawan Spanyol Fabiola de Mora dan Aragon.

Dia juga mengungkapkan bos di panti jompo telah melakukan diet, meskipun mereka membiarkan dia makan sedikit kue pada hari ulang tahunnya.

Monserrat Valdayo, direktur panti jompo, mengatakan pada saat itu: "Maria dalam keadaan sehat untuk usianya, hanya saja dia sedikit ketakutan setelah kehilangan banyak pendengaran dan penglihatannya."

"Dia merasa sedikit lebih sulit untuk keluar dari kamarnya tetapi masih bisa berjalan sedikit," imbuhnya seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (19/1/2023).

Dalam wawancara lain sekitar waktu yang sama, di mana dia mengakui dia memiliki 'kenangan yang sangat buruk' dari Perang Saudara Spanyol 1936-1939, Maria menambahkan: "Orang-orang sekarang hidup berbeda dengan bagaimana mereka dulu. Uang mendominasi segalanya dan dengan uang Anda bisa mendapatkan hampir segalanya."

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)