Negara-negara Ini Tidak Memiliki Sungai

Kamis, 19 Januari 2023 - 14:59 WIB
loading...
Negara-negara Ini Tidak Memiliki Sungai
Sejumlah negara di dunia ini tidak memiiki sungai. Foto/SKY History
A A A
JAKARTA - Terdapat negara di dunia yang tidak mempunyai sungai. Negara yang tidak mempunyai sungai ini biasanya memiliki wilayah berupa gurun. Selain itu tidak ada aliran air untuk membuat sungai, dengan curah hujan dan sumber air yang rendah. Sungai mempunyai peran penting di kehidupan manusia. Berikut negara yang tidak mempunyai sungai.

1. Yaman

Yaman terletak di ujung semenanjung Arab. Negara ini berbatasan dengan Kesultanan Oman di bagian timur, Kerajaan Arab Saudi di utara, Laut Arab di tenggara, Teluk Aden di selatan, serta Laut Merah di barat. Yaman merupakan negara semi-kering di Timur Tengah. Di negara ini, tidak ada sungai. Sumber air yang didapat bergantung pada air hujan hingga air tanah.

2. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab berada di bagian tenggara Semenanjung Arab, berbatasan dengan Oman dan Arab Saudi. Negara ini mempunyai air tanah, namun tidak dapat mencukupi kebutuhan air. Untuk memenuhi kebutuhan air, maka sumber air berasal dari proses desalinasi serta air limbah yang didaur ulang. Desalinasi merupakan proses menghilangkan garam dari sumber air asin.

3. Arab Saudi

Arab Saudi terletak di Semenanjung Arab. Di sebelah barat, negara ini berbatasan dengan Laut Merah, sementara di sebelah timur berbatasan dengan Teluk Arab. Negara yang saat ini dipimpin oleh Raja Salman bin Abdulaziz ini tidak mempunyai sungai. Mereka memanfaatkan air di sekitar oasis untuk memenuhi kebutuhan airnya. Selain itu, Arab Saudi membuat proses desalinasi, daur ulang air limbah, hingga mengumpulkan air hujan.

4. Libya

Libya merupakan negara gurun tanpa sungai. Negara ini juga menjadi salah satu tempat terkering di bumi. Di Libya, curah hujannya pun sangat rendah. Negara yang berada di Afrika Utara ini masih mempunyai air tanah untuk mencukupi kebutuhan air. Selain itu, Libya juga memanfaatkan air di sekitar oasis, sumber air kecil lainnya, hingga melakukan proses desalinasi air laut.

5. Djibouti

Djibouti merupakan negara yang terletak di Afrika Timur. Negara ini tidak hanya mempunyai sungai permanen, hanya ada sejumlah wadi atau cerukan yang dapat berisi air ketika musim hujan. Sebanyak 95% pasokan air di negara ini berasal dari air tanah. Sebagian besar digunakan di daerah perkotaan dan irigasi. Selain itu, Djibouti juga menggunakan proses desalinasi untuk memenuhi kebutuhan airnya.

6. Maladewa

Sebagian besar wilayah Maladewa datar dan tidak memiliki ciri daratan seperti bukit. Negara pulau yang terletak di selatan Asia, tepatnya di wilayah Laut Arab di Samudera Hindia, ini juga tidak memiliki sungai. Untuk memenuhi kebutuhannya, masyarakat menggunakan air tawar yang berasal dari tanah maupun dari hujan yang turun. Pemerintah membangun sistem pemanenan air hujan yang menggunakan ultrafiltrasi untuk mengolah air hujan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)