7 Negara Sekutu Utama Rusia, Tak Peduli Moskow Gempur Ukraina

Selasa, 29 November 2022 - 15:22 WIB
Kazakhstan adalah salah satu negara yang tidak memiliki batas negara berupa lautan dalam arti sebenarnya, karena Laut Kaspia bukanlah laut melainkan danau.

Meski tidak memiliki laut, Kazakhstan tetap memiliki angkatan laut. Kazakhstan juga merupakan negara yang kaya akan sumber daya mineral.

Namun, negara ini mengalami keresahan akibat kenaikan harga. Ini mendorong CSTO untuk mengirim penjaga perdamaiannya ke Kazakhstan.

5. India

Sejak awal invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, pemerintah India dan sebagian besar masyarakat India dengan tegas berada di pihak Putin.

Tagar seperti #IStandWithPutin dan #istandwithrussia menjadi tren di media sosial India. Sejak pembentukan hubungan diplomatik setelah kemerdekaan India pada tahun 1947, hubungan antara Moskow dan New Delhi telah dibentuk oleh “kepercayaan politik dan strategis tingkat tinggi”.

Selama bertahun-tahun, Rusia dan India secara rutin mengambil sikap yang sama dan saling mendukung dalam isu-isu internasional yang kontroversial.

Selain itu, India juga memiliki kemitraan strategis dengan Rusia, setelah menandatangani Deklarasi Kemitraan Strategis India-Rusia pada Oktober 2000.

6. Pakistan

Pada 1 Mei 1948 Pakistan dan Rusia menjalin hubungan diplomatik. Kedua negara menikmati hubungan yang erat, bersahabat, dan kooperatif yang ditandai dengan sikap saling menghormati.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More