Anwar Ibrahim Dilantik Jadi PM Malaysia, Akhiri Penantian 24 Tahun

Kamis, 24 November 2022 - 17:50 WIB
Anwar Ibrahim dilantik menjadi perdana menteri ke-10 Malaysia pada Kamis (24/11/2022). Foto/Straits Times/Bernama
KUALA LUMPUR - Ketua Pakatan Harapan (PH) Anwar Ibrahim dilantik menjadi perdana menteri ke-10 Malaysia pada Kamis (24/11/2022). Ini sekaligus mengakhiri penantian selama 24 tahun Anwar untuk memimpin negara tersebut.

Mengenakan baju melayu hitam dengan sampin emas, Anwar tersenyum lebar saat dipanggil untuk diambil sumpahnya.

“Setelah melalui pandangan para penguasa Melayu, Yang Mulia telah menyetujui pengangkatan Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia,” kata Pengawas Kerajaan Fadli Syamsuddin, seperti dilansir dari Straits Times.

Upacara tersebut dihadiri oleh pejabat tinggi seperti sekretaris pemerintah, hakim agung, jaksa agung, pembicara dari kedua majelis parlemen dan para pemimpin dari PH dan Barisan Nasional (BN).

Anwar duduk di sebelah istri dan mantan wakil perdana menteri Wan Azizah Wan Ismail, dengan enam anak mereka termasuk mantan anggota parlemen Nurul Izzah Anwar hadir.



“Amanah ini akan dipikul dengan kerendahan hati dan tanggung jawab. Saya akan menjalankan tugas serius ini dengan tim saya dipandu oleh kemauan dan keinginan rakyat,” kata Anwar dalam tweet setelah dia dilantik.

Pelantikan Anwar terjadi setelah sebagian besar pihak menyetujui proposal Sultan Abdullah untuk sebuah pemerintahan persatuan setelah pemilihan umum hari Sabtu menghasilkan Parlemen Malaysia yang pertama kali digantung.



Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar dan saingannya ketua Perikatan Nasional (PN) Muhyiddin Yassin, juga berusia 75 tahun, menemui jalan buntu dan tidak dapat mengumpulkan 112 anggota parlemen yang diperlukan untuk mendapatkan mayoritas sederhana di badan legislatif.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More