Popularitas Partainya Erdogan Merosot karena Covid-19 dan Tekanan Ekonomi

Rabu, 08 Juli 2020 - 10:23 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/REUTERS
ANKARA - Hasil survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga independen menyebutkan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang dipimpin Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah kehilangan banyak dukungan selama beberapa bulan terakhir.

Grup riset independen MetroPoll Arastirma melakukan survei setiap bulan dengan melakukan jajak pendapat; “Jika ada pemilihan parlemen minggu ini, partai politik mana yang akan Anda pilih?”, dan pemilih menjawab akan memilih presiden baru serta 600 anggota parlemen untuk masa jabatan lima tahun.

Menurut laporan Al Arabiya, Selasa (7/7/2020), pemilihan umum (pemilu) di Turki dijadwalkan digelar pada 2023 mendatang. Menurut jajak pendapat Juni lalu, AKP masih memimpin polling dengan selisih hampir enam poin di atas partai oposisi utama; Partai Rakyat Republik (CHP). Namun, AKP telah kehilangan dukungan selama beberapa bulan terakhir.

CHP adalah partai sosial-demokratis dan merupakan partai politik tertua di Turki. Partai ini juga dianggap sebagai oposisi utama di Lembaga Majelis Nasional.

Dari Januari hingga Maret, partainya Erdogan tetap stabil, dengan 33,7 persen responden mengatakan mereka akan memilih AKP. Namun, pada Juni dukungan telah turun menjadi 30,3 persen. Dalam jajak pendapat Mei, 30,7 persen responden mengatakan mereka akan memilih AKP jika ada pemilihan dilakukan waktu itu.



MetroPoll Arastirma tidak menyebutkan berapa banyak responden yang mereka gunakan dalam surveinya. Hasil survei tersebut kemungkinan juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi Turki yang telah memburuk selama dua tahun terakhir, dan dinilai menuju ke dalam resesi pada Maret 2019, dengan inflasi yang terus berlanjut.

Pada pertengahan 2019, pengangguran tercatat sekitar 15 persen, dan penurunan ekonomi mengikis popularitas partai berkuasa. AKP memenangkan pemilihan wali kota lokal bulan Maret 2019 secara nasional, tetapi kehilangan tiga kota terbesar di Turki, yakni Istanbul, Ankara, dan Izmir. (Baca: Bela Palestina tapi Mesra dengan Israel, Erdogan Dicap Munafik )

Pada bulan April, sebuah jajak pendapat Reuters memperkirakan ekonomi Turki akan berkontraksi tahun ini untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade ketika pandemi virus corona baru (Covid-19) memangkas produksi hingga pertengahan tahun.

Sebelum wabah Covid-19 muncul, pemerintah memperkirakan ekonomi tumbuh 5 persen tahun ini setelah pulih dari resesi tahun lalu. Turki saat ini memiliki jumlah kasus infeksi Covid-19 tertinggi ke-14 di dunia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More