Israel Tak Akan Menerima Pembukaan Kembali Konsulat AS di Yerusalem

Rabu, 11 Mei 2022 - 21:05 WIB
Ilustrasi
TEL AVIV - Menteri Kehakiman Israel , Gideon Sa'ar mengatakan, pemerintah Israel tidak akan mengizinkan pembukaan kembali Konsulat Amerika Serikat (AS) di Yerusalem Timur yang diduduki untuk menawarkan layanan kepada warga Palestina, Sama news melaporkan.

Pernyataan Sa'ar muncul menyusul pertanyaan wartawan menjelang kunjungan potensial oleh Presiden AS Joe Biden ke Israel. Pemerintahan Biden telah berjanji untuk membuka kembali konsulat yang ditutup oleh pendahulunya Donald Trump pada 2019.



Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett menolak rencana AS untuk membuka kembali konsulat. "Pemerintah di bawah kepemimpinan saya telah berulang kali mengklarifikasi posisinya, bahwa tidak ada tempat untuk konsulat Palestina di Yerusalem," kata Bennet.

CNN melaporkan bahwa Biden sedang mempertimbangkan untuk mengunjungi Yerusalem Timur selama kunjungannya ke Israel, tetapi Sa'ar membantah mengetahui hal ini.



Seorang pejabat Israel mengatakan kepada CNN pada hari Senin bahwa Biden mungkin mengunjungi Rumah Sakit Al-Makassed di Yerusalem, yang menawarkan layanan medis kepada warga Palestina dari Yerusalem yang diduduki, Tepi Barat dan Jalur Gaza.



“Biden akan mengunjungi rumah sakit tanpa ditemani oleh pejabat Israel, dan itu akan dianggap tidak mengakui kedaulatan Israel atas Yerusalem timur dan sebagian membatalkan pengakuan mantan presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” kata pejabat itu.

Tidak ada presiden AS sebelumnya yang melakukan kunjungan serupa. Rencana Biden untuk mengunjungi Yerusalem timur pertama kali dilaporkan oleh KAN News.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More