4 Kota Paling Jorok di Dunia, Nomor 3 Minim Saluran Pembuangan

Selasa, 19 April 2022 - 02:30 WIB
4 Kota Paling Jorok di Dunia, Nomor 3 Minim Saluran Pembuangan. FOTO/Reuters
JAKARTA - Munculnya predikat kota paling jorok di dunia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tingkat polusi , kualitas udara untuk bernapas, sistem sanitasi, dan praktik pembuangan sampah , dan sebagainya.

Setiap kemajuan dalam industrialisasi manusia dapat berarti langkah mundur untuk konservasi ekologis. Dilansir dari ibanplastic.com, berikut kota paling jorok di dunia.



1. Baku, Azerbaijan

Kota terkotor di dunia yakni ibu kota Azerbaijan, Baku, juga dikenal sebagai "Kota Hitam". Menurut Indeks Kesehatan dan Sanitasi Mercer, Baku memiliki peringkat terburuk. Baku memiliki ladang minyak terkaya di dunia.



Lantas, apakah itu berkah atau kutukan? Secara alami, semua sumber daya alam dibuat untuk menjadi berkah. Tapi kemudian keserakahan manusia terjadi dan mengubah segalanya menjadi kutukan. Kota Baku sekarang penuh dengan bor dan kilang, bersama dengan 2 juta penduduk.

Udaranya tercemar asap dan debu, dan perairannya menjadi tempat pembuangan produk samping petrokimia. Overpopulasi, polusi ekstrim, sanitasi termiskin, kurangnya pengelolaan limbah yang tepat, dan industrialisasi yang tidak terkendali.

2. Dzerzhinsk, Rusia

Dengan hanya 300.000 penduduk, siapa yang mengira Dzerzhinsk adalah kota paling jorok di dunia urutan ketiga? Nah, kota Dzerzhinsk memiliki sejarah yang mendalam dengan industri kimia dengan menjadi produsen utama persenjataan Soviet sepanjang abad ke-20.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More