Apa Itu NATO, Bagaimana Sebuah Negara Bergabung dan Mengapa Putin Peduli

Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:45 WIB
Dia mengatakan NATO siap untuk "mendengarkan kekhawatiran Rusia" dan membahas "bagaimana menegakkan dan memperkuat prinsip-prinsip dasar keamanan Eropa yang telah kita semua tanda tangani".

Namun dia juga menekankan, “ini tentang menghormati bangsa dan hak mereka untuk memilih jalan mereka sendiri”.

Dua mitra non-anggota NATO, Finlandia dan Swedia, telah mendesak blok tersebut untuk tidak menyerah pada tuntutan Rusia.

Apa Intinya NATO?

NATO mengatakan "kebijakan pintu terbuka" pada perluasan telah membantu meningkatkan stabilitas dan kemakmuran di Eropa.

Perannya sejak runtuhnya Uni Soviet telah diperluas untuk mencakup pengeboman pasukan Serbia selama perang Bosnia dan Kosovo tahun 1990-an, memberlakukan embargo senjata di Libya pada tahun 2011, membantu Eropa menangani masuknya pengungsi Timur Tengah yang dimulai pada 2015, meningkatkan pertahanan siber, dan, sejak 2014, mengerahkan kelompok tempur multinasional di Eropa timur sebagai tanggapan atas perambahan Rusia di Ukraina.

NATO juga mencoba untuk mendefinisikan perannya dalam mengatasi pengaruh China yang meluas.

KTT 2019 memperluas kewenangan NATO untuk menjadikan luar angkasa sebagai “domain operasional” bersama dengan udara, darat, laut, dan dunia maya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More