Video Bocor Tunjukkan Jet Siluman F-35 Inggris Tak Berdaya Terbang dan Jatuh ke Laut

Selasa, 30 November 2021 - 09:17 WIB


Video kecelakaan berdurasi 16 detik, yang tampaknya diambil oleh kamera keamanan di atas kapal induk, diposting di Twitter oleh seorang komentator pertahanan dengan nama akun @sebh1981.

Menurut Sky News, rekaman video itu dianggap asli.

F-35B ditampilkan saat lepas landas, melaju di sepanjang dek dan menaiki tanjakan. Namun, jelas saat jet bergerak di landasan pacu—ketika seharusnya mencapai kecepatan peluncuran—bahwa ia tidak memiliki daya dorong atau daya angkat yang cukup untuk mengudara.

Alih-alih menyapu ke atas pada sudut sekitar 20 derajat dari kapal ke langit, pesawat tempur itu jatuh lurus ke bawah dari ujung tanjakan dan tidak terlihat lagi.

Bersamaan dengan itu, terlihat seperti kepulan asap saat pilot keluar dari kokpit. Parasutnya kemudian terlihat melayang ke bawah.

Pilot tersebut berhasil diselamatkan.

Investigasi atas apa yang terjadi pada pesawat itu masih berlangsung. Upaya untuk mengambil puing-puing jet tempur juga telah dilakukan tetapi belum jelas apakah sudah berhasil.

Kementerian Pertahanan Inggris ingin memastikan tidak ada pasukan musuh yang dapat mengakses teknologi rahasia apa pun pada pesawat itu, termasuk sensor, radar dan peralatan sensitif lainnya.

Ini adalah pertama kalinya Inggris kehilangan salah satu dari 24 pesawat tempur F-35-nya. Kecelakaan itu terjadi pada perjalanan pulang dari pelayaran perdana HMS Queen Elizabeth ke Timur Jauh dan kembali.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More