Jelang Pertemuan Dua Pemimpin, Menteri AS dan China Masih Saling Serang

Minggu, 14 November 2021 - 21:42 WIB
Ilustrasi
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan China atas tekanannya terhadap Taiwan. Hal ini ditegaskan Departemen Luar Negeri AS, ketika kedua kekuatan bersiap untuk pertemuan puncak yang ditunggu-tunggu pada awal pekan depan.

Seperti dilaporkan AFP, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken berbicara dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, Sabtu (13/11/2021). “Menyatakan keprihatinan mengenai berlanjutnya tekanan militer, diplomatik, dan ekonomi China terhadap Taiwan," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.



"Saya telah mencatat berulang kali, selama 10 bulan terakhir, bahwa hubungan dengan China adalah salah satu yang paling penting dan juga paling kompleks yang kami miliki," kata Blinken.

"Ini memiliki elemen yang berbeda di dalamnya - beberapa kooperatif, beberapa kompetitif dan lainnya permusuhan dan kami akan mengelola ketiganya pada waktu yang sama."



Blinken dan Wang berbicara untuk membahas persiapan KTT, dilaporkan telah "mendesak Beijing untuk terlibat dalam dialog yang berarti untuk menyelesaikan masalah lintas-Selat secara damai dan dengan cara yang konsisten dengan keinginan dan kepentingan terbaik rakyat di Taiwan".



Presiden Joe Biden dan mitranya dari China Xi Jinping akan mengadakan pertemuan puncak virtual Senin malam waktu Washington. Hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia telah memburuk, sebagian karena Taiwan, masalah demokrasi, perdagangan, hak asasi manusia, dan masalah lainnya.

Bulan lalu, militer China membuat rekor jumlah serangan ke zona pertahanan udara Taiwan. Washington telah berulang kali mengisyaratkan dukungannya untuk Taiwan dalam menghadapi apa yang disebutnya sebagai agresi China.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More