Dihantam Skandal Korupsi, Kanselir Austria Mengundurkan Diri

Minggu, 10 Oktober 2021 - 07:24 WIB
Kanselir Austria Sebastian Kurz mengundurkan diri setelah dirinya menjadi target penyelidikan korupsi. Foto/WSJ
WINA - Kanselir Austria Sebastian Kurz mengumumkan dirinya akan mundur dalam upaya meredakan krisis pemerintahannya. Krisis dipicu pengumuman Jaksa bahwa Kurz menjadi target penyelidikan korupsi .

Kurz (35) mengatakan dia telah mengusulkan kepada presiden Austria agar Menteri Luar Negeri Alexander Schallenberg menjadi kanselir. Tapi Kurz sendiri akan tetap dalam posisi kunci di politik Austria dengan mengatakan akan menjadi kepala kelompok parlementer Partai Rakyat Austria yang konservatif.

Kurz dan rekan-rekan dekatnya dituduh berusaha mengamankan naiknya ia ke tampuk kepemimpinan partai dan negara dengan bantuan jajak pendapat yang dimanipulasi serta laporan berita yang bersahabat di media. Semua itu dibiayai dengan uang publik.

Kurz, yang menjadi pemimpin Partai Rakyat dan kemudian menjadi kanselir pada 2017, membantah telah melakukan apa yang dituduhkan kepadanya.





“Kami masih dalam fase yang sangat sensitif di Austria – pandemi belum berakhir dan peningkatan ekonomi baru saja dimulai, sementara reformasi sistem pajak negara untuk membantu mengekang emisi gas rumah kaca telah dinegosiasikan tetapi belum dilaksanakan," kata Kurz.

“Yang kami butuhkan sekarang adalah kondisi yang stabil,” imbuhnya kepada wartawan di Wina.

"Jadi, untuk menyelesaikan kebuntuan, saya ingin membuat jalan untuk mencegah kekacauan dan memastikan stabilitas," ucapnya seperti dikutip dari AP, Minggu (10/10/2021).

Dia bersikeras bahwa tuduhan terhadapnya adalah salah. "Saya akan dapat menjernihkan ini - saya sangat yakin akan hal itu," tegasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More