China Latihan Perang di Dekat Taiwan saat Diplomat AS Berkunjung

Jum'at, 18 September 2020 - 14:45 WIB
"Tindakan yang relevan adalah tindakan yang diperlukan untuk menangani situasi saat ini di Selat Taiwan, dan akan membantu meningkatkan Komando Teater Timur untuk mempertahankan persatuan nasional dan kedaulatan teritorial," kata Zhang, dalam pernyataan yang dirilis oleh kementerian pertahanan China pada hari Jumat. (Baca juga: Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan )

Zhang menambahkan bahwa Komando Teater Timur "yakin dan bertekad" akan "mengalahkan siapa pun dan kekuatan apa pun, dalam bentuk perencanaan dan pelaksanaan kegiatan separatis pro-kemerdekaan".

Presiden AS Donald Trump pada akhir 2017 silam menyebut China sebagai pesaing strategis, pada saat kedua negara terlibat perang dagang. Sejak itu, hubungan antara China dan AS telah anjlok ke titik terendah dalam beberapa dekade karena kedua kekuatan dunia itu bentrok pada berbagai masalah mulai dari diplomasi hingga teknologi dan militer.

Pada bulan Juli, China dan AS sama-sama melakukan latihan Angkatan Laut di Laut China Selatan yang disengketakan, yang meningkatkan risiko konflik militer di wilayah tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More