Pentagon: China Lirik Indonesia untuk Jadi Pangkalan Militernya

Kamis, 03 September 2020 - 06:33 WIB
Pertama kali diumumkan pada tahun 2013, inisiatif proyek OBOR China adalah kebijakan luar negeri dan ekonomi yang dikedepankan oleh Presiden Xi Jinping.

"Negara tuan rumah dapat melakukan peran penting dalam mengatur operasi militer RRC karena para pejabat China sangat mungkin mengakui bahwa hubungan jangka panjang yang stabil dengan negara tuan rumah sangat penting bagi keberhasilan fasilitas logistik militer mereka," papar laporan Pentagon.

Pada Agustus 2017, China secara resmi membuka pangkalan militer pertamanya di Djibouti. Angkatan Laut China ditempatkan di pangkalan tersebut dengan kendaraan lapis baja dan artileri beroda tetapi saat ini bergantung pada pelabuhan komersial terdekat karena kurangnya dermaga di pangkalan. (Baca juga: Hebat! Pesawat Tempur F-16 TNI AU Bisa Tembak 4 Target Sekaligus Tanpa Melihat )

Laporan Pentagon menambahkan personel China di fasilitas itu telah mengganggu penerbangan AS dengan mengikat pilot dan drone terbang, dan China telah berusaha untuk membatasi wilayah udara kedaulatan Djibouti di atas pangkalan itu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More