3 Alasan Mengejutkan Israel Diberi AS Donasi Senjata Miliaran Dolar Sejak Pendiriannya

Rabu, 23 Oktober 2024 - 14:01 WIB
Tentara Israel memanggul amunisi dalam perang genosida di Gaza. Foto/anadolu
TEL AVIV - Israel menjadi penerima utama bantuan luar negeri Amerika Serikat (AS). Sebagian besar dananya dialokasikan Negeri Paman Sam untuk kepentingan militer negara Yahudi tersebut.

Pengiriman bantuan AS itu masih terus berlanjut sampai sekarang. Hal ini tentunya memicu kritik dari dunia internasional mengingat aksi kejam dan brutal yang terus dilakukan Israel di Gaza.

Lalu, apa sebenarnya alasan AS terus memberikan donasi bernilai triliunan rupiah untuk keperluan militer Israel? Berikut ulasannya.



Alasan Mengejutkan Israel Diberi AS Donasi Senjata Miliaran Dolar

1. Kemitraan Abadi



Sejak pendirian Israel pada 1948, Amerika Serikat menjadi salah satu negara pertama yang mengakuinya. Tak hanya itu, Washington bahkan konsisten menjadi pendukung kuat Tel Aviv sampai sekarang.

Bentuk dukungan ini bukan sebatas politik, tetapi juga berupa bantuan dana. Nilai bantuan yang didapat Israel bahkan menjadi yang paling banyak di antara negara-negara lain yang juga menerima sumbangan dari AS.

Melihat ke belakang, Israel sudah menerima ratusan miliaran dolar dari Amerika Serikat sejak era pasca-Perang Dunia II.

Council Foreign Relations (Cfr) mencatat Tel Aviv sebagai penerima kumulatif terbesar bantuan luar negeri AS dengan nilai mencapai USD310 miliar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More