4 Gereja dan Biara yang Hancur Dibom Israel, Mayoritas Berusia 1.000 Tahun Lebih

Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:15 WIB
Pada 19 Oktober 2023 lalu, Gereja Saint Porphyrius terkena serangan rudal Israel yang ditujukan ke Gaza.

Tak hanya hancur sebagian bangunannya, serangan itu mengakibatkan setidaknya 18 orang tewas dan banyak lainnya yang terluka.

2. Gereja Holy Family



Gereja ini menjadi satu-satunya gereja Katolik di Jalur Gaza. Pada bagiannya, terdapat sebuah paroki yang memuat sekolah pendidikan Kristen untuk anak-anak di Gaza.

Selama Perang Gaza 2014, paroki dan kantor pendeta di gereja ini telah hancur sebagian akibat serangan udara Israel yang ditujukan ke lingkungan sekitarnya. Kondisinya semakin memprihatinkan seiring waktu.

Sebelumnya, Gereja Holy Family telah menjadi tempat perlindungan warga sipil di Gaza. Namun, tetap saja gereja ini terdampak serangan brutal Israel.

Salah satu yang terbaru terjadi pada Juli 2024 lalu. Pada sebuah serangan udara Israel yang menargetkan Sekolah Katolik Holy Family, setidaknya ada empat orang yang terbunuh saat berlindung di sana, termasuk Wakil Menteri Tenaga Kerja Palestina Ihab al-Hussein.

3. Gereja Bizantium Jabalia



Berikutnya ada Gereja Bizantium Jabalia. Dibangun sekitar 444 M, lantai gereja ini dulunya dihiasi dengan mozaik warna-warni yang menggambarkan binatang, pemandangan berburu, dan pohon palem.

Setelah restorasi selama 3 tahun, Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina membuka kembali gereja ini pada awal 2022.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More