Memanas, India Usir 6 Diplomat Kanada

Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:30 WIB
Kepolisian Kanada mengklaim informasi ini digunakan untuk menargetkan "anggota komunitas Asia Selatan," khususnya dalam gerakan Khalistan.

Pejabat polisi juga mengklaim agen pemerintah India telah menggunakan unsur-unsur "kejahatan terorganisasi" untuk menargetkan aktivis pro-Khalistan.

Kanada adalah rumah bagi populasi Sikh terbesar di dunia di luar India, tetapi juga memiliki kontingen besar Sikh radikal, yang mendesak pembentukan negara bangsa terpisah yang dibentuk dari India.

Trudeau secara terbuka menuduh New Delhi terlibat dalam pembunuhan Nijjar, seorang anggota terkemuka gerakan Khalistan, pada September 2023.

Masalah tersebut memicu pertikaian diplomatik besar-besaran dan membuat hubungan menjadi tegang.

New Delhi telah membantah tuduhan tersebut dan meminta bukti dari Kanada untuk mendukung klaim tersebut.

Sementara itu, Duheme mengatakan pada Senin bahwa "situasi luar biasa" telah memaksanya untuk mengungkapkan informasi kepada publik tentang penyelidikan yang sedang berlangsung.

Pejabat polisi Kanada juga menyatakan upaya mereka untuk bertemu dengan rekan-rekan penegak hukum mereka di India untuk memberikan bukti bahwa agen pemerintah India terlibat dalam kegiatan kriminal di Kanada tidak berhasil.

Namun, New Delhi pada Senin mengatakan pemerintah Kanada belum membagikan "sedikit pun bukti dengan India meskipun ada banyak permintaan."

Sejak Trudeau membuat tuduhan tersebut tahun lalu, India dengan keras membantah tuduhan tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More