Profesor Iran Ungkap Pager yang Meledak di Lebanon Ternyata Dibeli Iran dan Dikirim ke Hizbullah

Minggu, 13 Oktober 2024 - 21:26 WIB
Profesor di Iran ungkap pager yang meledak di Lebanon dibeli Iran dan dikirim ke Hizbullah. Foto/Iran International
TEHERAN - Seorang profesor universitas yang dekat dengan lembaga Iran , Masoud Asadollahi, telah dipanggil oleh pengadilan setelah menuduh di televisi pemerintah bahwa perantara Iran membeli pager Hizbullah yang meledak bulan lalu.

Masoud Asadollahi, seorang profesor di Universitas Imam Hussein yang berafiliasi dengan IRGC, menyampaikan komentar tersebut sebagai "pakar" di sebuah program TV pemerintah. Ia mengatakan sebuah perusahaan Iran yang tidak disebutkan namanya membeli 5.000 pager dan 3.000 diserahkan kepada Hizbullah tanpa pemeriksaan yang diperlukan karena tidak ada yang menduga pager itu akan meledak.

Ia tidak menyebutkan sumber atau menguraikan asal usul 2.000 perangkat lain yang digunakan dalam serangan tersebut.



Melansir Al Jazeera, Asadollahi berpotensi menghadapi tuntutan terkait penerbitan informasi yang salah untuk memengaruhi opini publik secara negatif, atau bahkan pelanggaran keamanan nasional, menurut outlet berita resmi pengadilan Iran. Dikatakan bahwa ia telah mengakui bahwa ia keliru.

Hal ini terjadi sehari setelah Organisasi Penerbangan Sipil Iran melarang pager dan walkie-talkie di semua penerbangan komersial, menurut media lokal.

Kemudian, Iran International melaporkan, selama siaran langsung TV pemerintah Iran, Masoud Asadollahi, mantan wakil komandan Pasukan Quds IRGC, membuat pernyataan yang mengklaim bahwa sebuah perusahaan Iran membeli pager dari pemasok Taiwan atas nama Hizbullah, yang kemudian memicu kontroversi dan bantahan.

“Mereka (Hizbullah) sudah memiliki ribuan pager...tetapi dibutuhkan tiga hingga empat ribu pager baru. Mereka meminta perusahaan Iran untuk memesan. Hizbullah mengatakan mereka tidak dapat melakukan pembelian karena akan menimbulkan kecurigaan. Perusahaan tersebut bernegosiasi dengan merek Taiwan terkenal yang biasa memproduksi pager dan memesan 5.000 pager. Pager tersebut dikirim ke perusahaan Iran. Pager tersebut kemudian diberikan kepada Hizbullah,” kata Asadollahi.



Perangkat itu kemudian meledak pada bulan September, menewaskan sedikitnya 42 orang yang berafiliasi dengan Hizbullah dan melukai lebih dari 3.000 orang dalam apa yang digambarkan sebagai pelanggaran keamanan paling signifikan yang dilakukan Hizbullah sejak konfliknya dengan Israel meningkat pada bulan Oktober 2023.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More