Apa Itu Asbes yang Bisa Menjadi Bom Waktu yang Mematikan di Gaza?

Rabu, 09 Oktober 2024 - 19:08 WIB
Asbes bisa menjadi bom waktu yang mematikan di Gaza. Foto/Press TV
GAZA - Asbes; zat berbahaya dalam bom yang dijatuhkan Israel ke warfa di Jalur Gaza yang terkepung. Para ahli kini memperingatkan tentang pembunuh diam-diam bagi orang-orang yang berada di bawah kendali rezim ini.

Apa Itu Asbes yang Bisa Menjadi Bom Waktu yang Mematikan di Gaza?

1. Bisa Menyebabkan Kanker

Sejak Oktober 2023, sejumlah besar bom telah pecah menjadi partikel-partikel kecil di udara yang berpotensi menyebabkan kanker jika terhirup.

Para ahli terkemuka mengatakan kasus kanker kemungkinan akan dilaporkan "selama beberapa dekade" di wilayah Palestina yang terkepung.



Bahaya langsung yang ditimbulkan oleh kebiadaban Israel di darat dan udara selalu lebih diutamakan daripada bahaya jangka panjang.

2. Jadi Bom Waktu selama Bertahun-tahun

Liz Darlison adalah CEO lembaga amal Mesothelioma Inggris yakin dampak jangka panjang dari paparan asbes akan menjadi "tragedi yang akan terjadi di tahun-tahun mendatang." Setelah ledakan yang melepaskan asbes, tidak akan ada "tingkat paparan yang aman."

"Sungguh menyedihkan mengetahui bahwa warisan perang ini akan terus berlanjut selama bertahun-tahun," katanya dilansir Press TV.

Paparan asbes pada orang-orang yang terperangkap setelah setiap tindakan kebiadaban Israel dapat dibandingkan dengan yang terjadi di sekitar World Trade Center ketika gedung itu runtuh di New York City pada 11 September 2001.

Menurut Program Kesehatan WTC, 4.343 orang yang selamat dan penanggap pertama telah meninggal karena penyakit terkait sejak serangan itu dibandingkan dengan 2.974 orang yang meninggal pada hari September itu.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More