Kenapa Yordania yang Mayoritas Muslim Malah Bantu Israel Menghalau Rudal Iran? Ini Alasannya

Rabu, 09 Oktober 2024 - 15:36 WIB
Yordania khawatir jika dari ratusan rudal yang diluncurkan oleh Iran ada yang mengarah ke wilayah mereka, sehingga Amman memilih untuk menembak jatuh beberapa rudal tersebut.

"Posisi Yordania jelas dan permanen bahwa negara ini tidak akan menjadi arena konflik bagi pihak mana pun," kata Mohammad al-Momani, juru bicara pemerintah yang juga menteri negara untuk urusan media, dalam sebuah pernyataan.

Sampai saat ini memang masih belum jelas apakah memang benar Yordania mendapat kucuran dana dari AS atau tidak. Namun satu yang pasti adalah, Amman memang memiliki kedekatan dengan Israel.

Kerjasama antar kedua negara Timur Tengah ini terjadi pada tahun 1994, ketika Israel dan Yordania merundingkan perjanjian perdamaian, yang ditandatangani oleh Yitzhak Rabin, Raja Hussein dan Bill Clinton di Washington DC.

Yordania menjadi negara Arab kedua yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, setelah Mesir pada tahun 1979.

Yordania memandang dirinya sebagai penjaga situs suci umat Islam di Kota Tua Yerusalem, termasuk kompleks Al-Aqsa, dan kedua negara memiliki kerja sama keamanan dan intelijen yang kuat.

Namun dalam beberapa dekade hubungan kedua negara ini kembali renggang setelah apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Meski begitu, Yordania yang notabene merupakan negara kecil memang tidak melakukan tindakan langsung dalam membantu Palestina.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More