Kenapa Yordania yang Mayoritas Muslim Malah Bantu Israel Menghalau Rudal Iran? Ini Alasannya

Rabu, 09 Oktober 2024 - 15:36 WIB
Yordania memilih menghalau rudal Iran karena memiliki kedekatan dengan AS. Foto/JAF/Jordan Times
AMMAN - Yordania diduga kembali melakukan bantuan untuk Israel dengan menembak jatu beberapa rudal Iran yang meluncur ke Tel Aviv. Hal ini lantas membuat banyak pihak bertanya-tanya, mengapa Amman yang notabene dihuni mayoritas muslim justru memberi bantuan pada Negeri Yahudi.

Pada awal Oktober lalu, Iran melancarkan serangan 181 rudal balistik berkecepatan tinggi ke Israel. Namun serangan tersebut mayoritas sukses dihalau oleh sistem pertahanan Tel Aviv.

Meski begitu, Yordania justru mengungkapkan jika sistem pertahanan udara dan angkatan udaranya sendiri terlibat dalam penargetan rudal Iran. Setelah April 2024 lalu, ini menjadi kedua kalinya negara tersebut membantu Israel dalam konflik Timur Tengah.



Beberapa pihak mengungkapkan jika ini merupakan perencanaan diam-diam oleh AS, Inggris, dan sekutu lainnya untuk membantu Israel menangkis serangan jarak jauh Iran.

Alasan Yordania Membantu Israel

Menurut The Guardian, Yordania membantu Israel dalam menghalau rudal Iran disebabkan karena mendapat kucuran dana dari Amerika Serikat sekitar lebih dari USD1 miliar atau setara Rp15 triliun per tahun.

Kecurigaan terkait Yordania mendapat dana dari AS ini diperkuat dengan AS yang telah memperingatkan akan adanya serangan yang akan terjadi sekitar dua setengah jam sebelumnya.

Kemungkinan besar peringatan tersebut berasal dari satelit atau sinyal intelijen atau keduanya, yang mungkin berasal dari pemantauan Amerika, Inggris, Israel atau pemantauan internasional lainnya.

Ini merupakan salah satu bentuk dukungan AS terhadap salah satu sekutu mereka yakni Israel. Sebab saat ini AS dan Negara Barat masih sangat berhati-hati untuk ikut campur secara langsung ke dalam konflik.



Meski begitu, pihak Kerajaan Yordania masih bersikeras jika tindakan yang dilakukan mereka adalah untuk melindungi kedaulatan mereka dari berbagai serangan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More