Mengenal Kehebatan Rudal Houthi Yaman yang Baru Saja Menyerang Israel

Rabu, 09 Oktober 2024 - 06:51 WIB
Namun, rudal seri Scud dasar adalah rudal taktis berbahan bakar cair tahap tunggal dengan jangkauan hanya antara 180 km-700 km.

Korea Utara diketahui telah menciptakan varian Scud dengan jangkauan 1.000 km yang dikenal sebagai Rodong dan Hwasong-9 (Scud-ER) pada tahun 1990-an dan 2000-an.

Suriah diketahui telah mengembangkan varian Scud-nya sendiri yang disebut Golan-1 dan Golan-2, dengan senjata ini memiliki jangkauan 700-850 km.

Varian Scud dengan jangkauan 2.000 km+ belum pernah terdengar.

Kemampuan Houthi yang semakin maju terbukti menjadi masalah yang tak terduga bagi pertahanan Israel di sepanjang sisi selatan, dengan semakin banyaknya proyektil pejuang yang terbukti mampu menembus sistem pertahanan udara dan rudal Israel yang banyak digembar-gemborkan bernilai miliaran dolar.

Pada Juli, satu pesawat nirawak Houthi yang besar dan mirip pesawat terbang melesat ke pusat kota Tel Aviv, menghantam satu gedung yang berjarak 100 meter dari cabang Kedutaan Besar AS di kota tersebut.

Pada September, satu rudal hipersonik Houthi Palestine-2 jatuh di Israel tengah. Pejuang mengatakan senjata tersebut memiliki jangkauan 2.150 km, berbahan bakar padat, dilengkapi dengan "teknologi siluman," dan dapat terbang dengan kecepatan hingga Mach 16.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More