Mengenang 1 Tahun Serangan 7 Oktober di Gaza, Ini Jumlah Korbannya

Senin, 07 Oktober 2024 - 18:15 WIB

3. Domisida: Penghancuran Perumahan

Melansir Anadolu, serangan Israel yang terus berlanjut juga telah menghancurkan banyak rumah dan infrastruktur di Gaza.

Kelompok Kerja Teknis Perumahan, Tanah, dan Properti melaporkan pada bulan September bahwa sedikitnya 297.000 unit rumah di Gaza mengalami kerusakan, dengan 87.000 hancur total, menurut pernyataan dari UNRWA.

Perkiraan biaya kerusakan infrastruktur penting di Gaza adalah sekitar $18,5 miliar.

Dari jumlah tersebut, 72% disebabkan oleh kerusakan di sektor perumahan, 19% disebabkan oleh infrastruktur layanan publik, termasuk air, kesehatan, dan pendidikan, dan 9% disebabkan oleh bangunan komersial dan industri.

Menurut PBB, setidaknya 1,9 juta orang di Jalur Gaza mengungsi secara internal, termasuk mereka yang telah mengungsi beberapa kali.

4. Penghancuran Layanan Kesehatan

Menurut WHO, Israel melakukan 516 serangan yang menargetkan sistem perawatan kesehatan di Gaza dan 619 di Tepi Barat yang diduduki termasuk Yerusalem Timur antara 7 Oktober tahun lalu dan 23 September.

Serangan terhadap perawatan kesehatan telah merenggut nyawa 765 orang, yang memengaruhi 110 fasilitas, serta 32 rumah sakit yang rusak dan 115 ambulans, termasuk 63 yang mengalami kerusakan.

Di Tepi Barat yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur, telah terjadi 25 kematian dan 111 cedera, dengan 444 ambulans dan 56 fasilitas kesehatan terkena serangan yang menargetkan perawatan kesehatan.

5. Penghancuran Budaya

Pengeboman Israel di Gaza juga telah menargetkan warisan sejarah daerah kantong itu.

Menurut UNESCO, hingga 17 September, Israel telah merusak 69 situs di Gaza, termasuk 10 situs keagamaan, 43 bangunan yang memiliki signifikansi historis dan/atau artistik, dua tempat penyimpanan barang budaya bergerak, enam monumen, satu museum, dan tujuh situs arkeologi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More