Bencana Kemanusiaan Dahsyat Akan Melanda Iran Jika Israel Menyerang Fasilitas Nuklir

Minggu, 06 Oktober 2024 - 16:15 WIB
Israel diprediksi akan menarget fasilitas nuklir Iran. Foto/Press TV
TEL AVIV - Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan Israel belum meyakinkan pemerintahan Biden bahwa mereka akan menahan diri untuk tidak menyerang fasilitas nuklir Iran. Pasalnya, jika fasilitas nuklir Iran diserang akan menimbulkan bencana kemanusiaan yang dahsyat.

Pejabat itu mengatakan kepada CNN bahwa “sangat sulit untuk mengatakan” apakah Tel Aviv akan membalas setelah satu tahun serangan oleh kelompok perlawanan Palestina, Hamas, pada 7 Oktober lalu terhadap Israel.

“Kami berharap dan mengharapkan untuk melihat beberapa kebijaksanaan serta kekuatan, tetapi seperti yang kalian ketahui, tidak ada jaminan,” kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu setelah CNN bertanya apakah Israel memberikan jaminan kepada AS tentang niat militernya terhadap Iran.



Awal minggu ini, Iran meluncurkan rudal ke Israel sebagai balasan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah.

Israel terus melancarkan serangan udara dan darat terhadap Lebanon sambil melancarkan serangan di Jalur Gaza.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sekali lagi bersumpah untuk menanggapi serangan rudal balasan Iran pada 1 Oktober, dengan mengklaim bahwa negaranya memiliki "hak" untuk melakukannya.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Sabtu malam, Netanyahu menegaskan kembali bahwa Israel akan menanggapi serangan Iran.

“Iran telah dua kali menembakkan ratusan rudal ke wilayah dan kota-kota kami – serangan rudal balistik termasuk yang terbesar dalam sejarah,” katanya, mengacu pada serangan minggu ini serta serangan sebelumnya pada bulan April.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More