Hizbullah Menangkis 6 Upaya Penyusupan Pasukan Israel

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 21:30 WIB
Asap mengepul saat pertempuran antara pejuang Hizbullah dan pasukan Israel di perbatasan Lebanon. Foto/anadolu
BEIRUT - Hizbullah mengumumkan berhasil menangkis enam upaya penyusupan oleh pasukan Israel ke Lebanon selatan. Kelompok pejuang itu juga melancarkan 19 serangan ke Israel utara.

Pada 23 September, Israel melancarkan serangan "paling intens dan ekstensif" ke Lebanon dalam hampir 20 tahun.

Menurut data resmi Lebanon, serangan udara Israel sejak saat itu telah menewaskan 1.120 orang, termasuk wanita dan anak-anak, melukai 3.040 orang, dan membuat sekitar 1,2 juta orang mengungsi.



Setelah serangan rudal balasan Iran ke Israel pada Selasa, sebagai tanggapan atas pembunuhan Israel terhadap pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, dan Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah, sirene serangan udara telah berbunyi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh Israel karena rentetan roket, drone, dan peluru artileri Hizbullah yang semakin intensif yang menargetkan lokasi militer dan permukiman.

Namun, otoritas keamanan Israel telah membatasi laporan tentang kerugian manusia dan material, menurut para pengamat.

Hizbullah mengumumkan serangkaian operasi yang berhasil terhadap pasukan pendudukan Israel di Lebanon selatan, dan melaporkan kerusakan yang signifikan.

Menurut pernyataan yang dirilis di Telegram, mereka meledakkan bahan peledak yang menargetkan tentara Israel dan meluncurkan serangan roket ke posisi militer dan satu tank, yang menyebabkan kerugian besar.

Pejuang Hizbullah menargetkan beberapa posisi Israel, dan dalam banyak kasus melakukan serangan langsung.

Eskalasi ini menyusul pengumuman Israel pada Rabu malam tentang tewasnya delapan tentara, termasuk tiga perwira, dalam penyergapan oleh pejuang Hizbullah selama upaya penyerbuan ke kota-kota Lebanon selatan.

(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More