Rakyat Yordania Terpaksa Mendukung Hizbullah secara Diam-diam, Mengapa?

Kamis, 03 Oktober 2024 - 18:39 WIB
5. Pembunuhan Orang Tak Bersalah

Omer Yaseen, seorang ahli optik berusia 20 tahun dari kamp pengungsi al-Wehdat, mengatakan ada berbagai pendapat mengenai Hizbullah dan pemimpinnya di ibu kota, dengan "setiap orang percaya bahwa mereka adalah analis politik".

Meskipun demikian, katanya, "setiap orang tanpa kecuali" melihat bahwa Israel "ingin berekspansi di Suriah dan Lebanon, dan setiap orang melihat "Penganiayaan terhadap orang-orang yang tidak bersalah sebagai kejahatan, seperti halnya di Gaza".

6. Pemerintah Lebanon Bermain Aman

Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi menyampaikan serangkaian komentar pada pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang Gaza, di mana ia mengutuk serangan Israel terhadap Lebanon.

Ia mengatakan kepada wartawan di sela-sela acara tersebut bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu harus dihentikan, jika tidak, "perang akan meliputi kita semua."

Pada hari Sabtu, ia mengunggah di X bahwa Amman menganggap Israel "sepenuhnya bertanggung jawab atas konsekuensi bencana dari agresi brutalnya terhadap Lebanon".

Ia menambahkan bahwa Yordania mengutuk Israel atas "pelanggaran kedaulatannya", pembomannya terhadap Beirut dan "pembunuhan terhadap warganya, serta ancamannya terhadap keamanan dan stabilitasnya".

Namun, pemerintah sejak itu tetap bungkam mengenai serangan Israel yang sedang berlangsung di Lebanon meskipun suasana di jalan sedang memanas.

Ini sejalan dengan situasi politik yang menegangkan yang dihadapi Yordania sejak Israel melancarkan perangnya di Gaza.

7. Yordania Memiliki Hubungan Diplomatik dengan Israel

Kerajaan tersebut telah mendorong gencatan senjata dan mengirim bantuan ke daerah kantong Palestina yang terkepung tersebut tetapi juga mempertahankan hubungan diplomatik dengan Israel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More