Profil Antonio Guterres, Sekjen PBB yang Dilarang Masuk Israel karena Membela Lebanon

Kamis, 03 Oktober 2024 - 17:45 WIB
Sebagai presiden Dewan Eropa pada awal tahun 2000, ia memimpin penerapan Agenda Lisbon untuk pertumbuhan dan lapangan kerja, serta menjadi salah satu ketua pertemuan puncak Uni Eropa-Afrika yang pertama. Ia menjadi anggota Dewan Negara Portugal dari tahun 1991 hingga 2002.

Mundur ke belakang lagi, Guterres sempat terpilih menjadi anggota Parlemen Portugal pada tahun 1976 dan menjabat sebagai anggota selama 17 tahun.

Selama masa itu, ia mengepalai Komite Parlemen untuk Ekonomi, Keuangan, dan Perencanaan, dan kemudian Komite Parlemen untuk Administrasi Teritorial, Kotamadya, dan Lingkungan. Ia juga menjadi pemimpin kelompok parlemen partainya.

Dari tahun 1981 hingga 1983, dirinya menjadi anggota Majelis Parlemen Dewan Eropa, di mana ia mengetuai Komite Demografi, Migrasi, dan Pengungsi.

Selama bertahun-tahun, Guterres aktif di Sosialis Internasional, sebuah organisasi partai politik sosial demokrat di seluruh dunia.

Ia pernah menjabat sebagai wakil presiden kelompok tersebut dari tahun 1992 hingga 1999. Ia juga sempat menjabat sebagai Presiden kelompok tersebut dari tahun 1999 hingga pertengahan tahun 2005.

Selain itu, ia tercatat mendirikan Dewan Pengungsi Portugis serta Asosiasi Konsumen Portugis DECO, dan menjabat sebagai presiden Centro de Accao Social Universitario, sebuah asosiasi yang melaksanakan proyek pembangunan sosial di lingkungan miskin Lisbon, pada awal tahun 1970-an.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More