Teks Lengkap Pidato Menlu Retno di Majelis Umum PBB: Bagaimana Bisa Kita Percaya pada Netanyahu?

Minggu, 29 September 2024 - 13:16 WIB
Menlu Republik Indonesia Retno LP Marsudi menyampaikan pidatonya pada Sidang Umum ke-79 Majelis Umum PBB di New, York. Dia menyentil keras PM Israel Benjamin Netanyahu. Foto/Kementerian Luar Negeri RI
NEW YORK - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno LP Marsudi telah menyampaikan pidatonya pada Sidang Umum ke-79 Majelis Umum PBB di New York, Sabtu waktu setempat.

Salah satu poin pidato diplomat top Indonesia ini adalah mempertanyakan niat Israel yang mencari perdamaian sebagaimana disampaikan dalam pidato Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam forum yang sama.

Berikut terjemahan dari teks lengkap pidato Menlu Retno:



Bismillahirrahmanirrahim,

Bapak Presiden,

Ini adalah kesempatan terakhir saya, sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia, untuk mewakili negara saya berbicara di hadapan Sidang Umum PBB. Satu dekade penuh dengan begitu banyak tantangan, tetapi pada saat yang sama, satu dekade penuh dengan banyak kontribusi Indonesia dalam mengatasi berbagai masalah global. Salah satunya adalah Palestina.



Indonesia tidak bisa, saya ulangi, tidak bisa, berdiam diri dan bersantai melihat ketidakadilan yang terus dilakukan terhadap rakyat Palestina. Indonesia selalu dan akan selalu berdiri bersama rakyat Palestina untuk meraih hak mereka untuk memiliki negara Palestina yang merdeka. Saat saya berbicara sekarang, lebih dari 41 ribu orang di Gaza telah terbunuh, situasi di Tepi Barat Lebanon semakin memburuk.

Apakah itu tidak cukup? Apakah Dewan Keamanan hanya akan mengambil tindakan untuk menghentikan kekejaman Israel. Ketika semua warga Palestina mengungsi? Atau ketika seratus ribu warga Palestina terbunuh? Atau ketika konflik bersenjata regional meletus? Itu sudah terlambat!

PM Netanyahu kemarin menyebutkan dan saya kutip:

Bahwa “Israel mencari perdamaian…” Bahwa “Israel mendambakan perdamaian…

Benarkah? Bagaimana kita bisa mempercayai pernyataan itu? Kemarin, ketika dia berada di sini, Israel melakukan serangan udara besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya di Beirut. PM Netanyahu ingin perang terus berlanjut… Kita harus menghentikannya… Saya ulangi kita harus menghentikannya. Kita harus menekan Israel untuk kembali ke solusi politik untuk solusi dua negara.

Presiden,

Mayoritas anggota PBB sangat mendukung solusi dua negara. Ini adalah waktu yang tepat untuk mewujudkannya. Mengakui Negara Palestina adalah hal yang paling tidak dapat kita lakukan sekarang, untuk memberi Palestina kedudukan yang sama di panggung dunia dan untuk memberikan tekanan kepada Israel agar menghentikan kekejaman mereka. Oleh karena itu, saya mendesak negara-negara yang belum mengakui Negara Palestina untuk melakukannya sekarang. Jika setiap dari kita melakukannya, pasti akan memberikan dampak.

Pengakuan Palestina hari ini adalah sebuah investasi yang akan menghasilkan dunia yang lebih damai, adil dan manusiawi di masa depan. Sekali lagi, Indonesia mendesak Anggota Tetap Dewan Keamanan untuk bertindak nyata, untuk segera menghentikan Israel dari pelanggaran hukum internasional yang terang-terangan dan untuk mengakhiri impunitas Israel. Mandat Dewan Keamanan adalah untuk menjaga perdamaian, untuk menciptakan perdamaian, bukan untuk mempertahankan dan memperpanjang perang, atau bahkan lebih buruk lagi untuk mendukung pelaku kekejaman. Tidak bertindak berarti terlibat.

Rekan-rekan,

Ke mana pun Indonesia pergi, kita membawa suara-suara dari Dunia Selatan. Indonesia memulai komitmen ini pada tahun 1955 ketika Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika di Bandung, Indonesia. Semangat Bandung tentang kesetaraan, kerja sama dan solidaritas akan selalu hidup untuk menginspirasi Dunia Selatan untuk mendapatkan hak-hak mereka termasuk hak mereka untuk pembangunan. Itulah semangat yang kita butuhkan, jika kita ingin memiliki kepemimpinan global di mana kebajikan moral menjadi kompas bisnis kita. Jangan mengubur Prinsip-prinsip Piagam PBB dan hukum internasional di bawah reruntuhan standar ganda, defisit kepercayaan dan permainan zero-sum.

Bapak Presiden,

Yang Mulia…

Dalam menghadapi tantangan global ini, Indonesia terus menjadi bagian dari solusi. Dengan mewujudkan komitmen ini, kepemimpinan Indonesia pada tahun 2022 berhasil mencegah G20 runtuh meskipun terjadi perpecahan geopolitik yang mendalam. Selama pandemi global, kami memimpin pembentukan Dana Pandemi dan menjadi ketua bersama Kelompok Keterlibatan COVAX AMC untuk memastikan akses yang adil terhadap vaksin dan sumber daya keuangan dan menjaga keamanan kesehatan untuk semua terutama bagi negara-negara berkembang.

Sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia, Indonesia terus menyerukan kemitraan inklusif dalam menangani masalah hak asasi manusia global. Dan di tengah persaingan regional, Indonesia memelopori Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik sebagai kerangka kerja untuk kerja sama yang konkret dan inklusif, untuk merangkul bukan untuk membelenggu. Kami telah menunjukkan bahwa kepemimpinan global tidak akan pernah dicapai melalui dominasi kekuatan dan rasa takut.

Kepemimpinan global seharusnya tentang memandu tindakan kolektif dengan mendengarkan, memberdayakan kolaborasi, dan menanamkan harapan. Inilah yang saya katakan “Kepemimpinan… tanpa hegemoni.”

Bapak Presiden,

Yang Mulia

Untuk mencapai visi ini, kita harus fokus pada tiga prioritas utama:

Pertama, memajukan perdamaian melalui kepemimpinan yang inklusif. Sistem multilateral harus direformasi. DK PBB harus menjadi ruang inklusif untuk perdamaian, tempat berbagai suara dapat didengar dan keputusan tepat waktu dapat diambil demi kebaikan bersama kita. Tanpa perdamaian, upaya kita untuk mencapai tujuan global seperti SDGs akan tetap menjadi mimpi tanpa kenyataan. Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi pada perdamaian global dengan menjadi salah satu negara penyumbang pasukan terbesar dalam misi penjaga perdamaian PBB dan tetap teguh dalam peran proaktif kita untuk melawan terorisme.

Kami juga berusaha untuk memastikan bahwa perdamaian yang kami promosikan akan bersifat inklusif dengan memajukan Perempuan, Perdamaian, dan Agenda Keamanan Nasional, berkontribusi pada pemberdayaan perempuan, termasuk mengupayakan akses yang sama terhadap pendidikan bagi perempuan dan anak perempuan di Afghanistan. Berinvestasi pada perempuan berarti berinvestasi dalam perdamaian. Memberdayakan perempuan berarti memberdayakan kesejahteraan bagi semua.

Kedua, memastikan masa depan yang tangguh untuk kesejahteraan bersama. Indonesia percaya pada masa depan di mana semua bangsa berkembang, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya. Namun, pandemi global dan dampak perubahan iklim telah menunjukkan kepada kita semua bahwa untuk mencapai kesejahteraan bersama, kita harus bekerja sama. Oleh karena itu, penerapan Pakta untuk Masa Depan penting untuk mempercepat pencapaian SDGs dan meningkatkan kemitraan dan pembangunan berkelanjutan bahkan setelah tahun 2030.

Pada saat yang sama, ketegangan geopolitik juga berdampak signifikan pada rantai pasokan global yang memengaruhi lintasan pembangunan Global Selatan, yang banyak di antaranya masih tidak dapat secara bebas menjalankan hak mereka untuk pembangunan. Dalam konteks ini, Indonesia telah mengambil langkah proaktif.

Awal bulan ini, Indonesia menyelenggarakan Forum Indonesia-Afrika ke-2 untuk meningkatkan kerja sama dalam rantai pasokan internasional dan konektivitas dan membangun kolaborasi dalam mempersiapkan tantangan masa depan. Indonesia juga menjadi tuan rumah Forum Air Dunia ke-10 tahun ini. Kami percaya bahwa air adalah elemen penting untuk kesejahteraan bersama.

Ketiga, membangun jembatan… untuk mendorong kolaborasi global.

Rekan-rekan,

Mentalitas “pemenang mengambil semuanya”, “ambil atau tinggalkan” seharusnya tidak ada lagi saat kolaborasi adalah satu-satunya penawar dalam mengatasi tantangan global saat ini. Bagi Indonesia, dunia di mana satu-satunya pilihan adalah kita versus mereka hanya akan menghasilkan dunia kita atau mereka. Solidaritas global dan tanggung jawab kolektif adalah inti dari Semangat Bandung. Semangat ini membimbing kami melalui Presidensi G20 pada tahun 2022, Kepemimpinan ASEAN pada tahun 2023 & upaya berkelanjutan untuk menyuarakan aspirasi Global Selatan.

Indonesia membayangkan dunia di mana negara-negara berkolaborasi bersama untuk mengatasi tantangan bersama, menegakkan hukum internasional dan melindungi hak asasi manusia dan martabat semua orang. Di Asia Tenggara, ASEAN dengan 650 juta penduduknya telah membuktikan bahwa keberagaman dapat hidup berdampingan dengan stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran. Indonesia juga terus bekerja sama dengan ASEAN untuk memulihkan perdamaian dan stabilitas di Myanmar, melalui penerapan Lima Poin Konsensus ASEAN dan untuk memungkinkan pemulangan Warga Rohingya secara aman dan bermartabat.

Di luar ASEAN, kami juga terus memperdalam keterlibatan kami di kawasan Pasifik untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari arsitektur Indo-Pasifik yang inklusif dan damai, berdasarkan prinsip solidaritas, kesetaraan, dan saling menghormati.

Bapak Presiden,

Rekan-rekan

Perdamaian, keadilan, dan kemanusiaan akan selalu menjadi inti dari kebijakan luar negeri Indonesia. Indonesia memahami bahwa kepemimpinan global bukanlah sesuatu yang diwariskan atau jatuh dari langit. Kepemimpinan harus diraih melalui usaha kolektif kita. Yakinlah bahwa komitmen Indonesia terhadap perdamaian bersama, kesejahteraan bersama, dan keamanan bersama, akan terus berlanjut di seluruh pemerintahan Indonesia berikutnya. Dengan semangat inilah saya dengan bangga mengumumkan pencalonan Indonesia untuk kursi tidak tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk tahun 2029-2030.

Pencalonan ini mencerminkan komitmen mendalam kami untuk berkontribusi terhadap perdamaian dan keamanan global.

Jadi rekan-rekan,

Mari kita bekerja sama untuk membangun warisan perdamaian bagi generasi mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More