3 Sekutu Terkuat Lebanon, Semuanya Anti-Barat

Kamis, 26 September 2024 - 14:17 WIB
Front tersebut bertujuan untuk melindungi Suriah dari manuver pengepungan Israel melalui Lembah Bekaa di Lebanon. Terdapat banyak momen ketika konflik di Timur Tengah melanda, dua negara ini selalu bekerja sama.

Bahkan Suriah bisa dianggap sebagai tembok utama ketika dua negara tersebut menghadapi Israel. Secara kekuatan militer, Damaskus bukanlah yang terdepan mengingat kekuatan militernya hanya berada di posisi 60 dari 145 negara, menurut pemeringkatan dari Global Fire Power.

Meski begitu kekuatan militer Suriah akan cukup diperhitungkan dengan adanya 170.000 tentara, 57 jet tempur, sejumlah drone, sekitar 2.720 tank, dan belasan ribu artileri. Terlebih, Suriah dikenal sebagai gudang Iran untuk menimbun senjata di Timur Tengah.



2. Iran



Iran memiliki hubungan yang sudah lama dengan Lebanon, khususnya melalui komunitas Syiah-nya. Banyak ulama Lebanon memiliki hubungan dengan Iran, baik yang berasal dari sana, menerima pelatihan di bawah orang Iran, atau pun mempertahankan hubungan yang kuat dengan Iran.

Para kritikus menunjuk tahun 1982 sebagai tonggak penting dalam hubungan Iran-Lebanon ketika Teheran memfasilitasi pembentukan Hizbullah.

Dukungan operasional dan finansial Iran memainkan peran penting dalam membentuk Hizbullah menjadi milisi yang kuat, yang berfungsi sebagai pencegah yang signifikan terhadap Israel.

Keberhasilan simbolis dan strategis Hizbullah melawan Israel meningkatkan pengaruh Iran dalam politik Levant dan meningkatkan daya tariknya di seluruh dunia Arab.

Bisa dibilang jika Iran merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang memiliki kekuatan militer sangat mumpuni dengan berada di posisi 14 dari 145 negara, menurut pemeringkatan Global Fire Power.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More