Israel Peringatkan Waktu Hampir Habis untuk Kesepakatan dengan Hizbullah

Selasa, 17 September 2024 - 18:15 WIB
Tentara Israel bergerak di dekat bangunan yang hancur setelah serangan Israel selama operasi darat di Jalur Gaza, 13 September 2024. Foto/AP/Leo Correa
TEL AVIV - Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menegaskan hanya tindakan militer lebih lanjut terhadap Hizbullah yang akan membuat warga Israel yang mengungsi aman untuk kembali ke rumah mereka di daerah yang berbatasan dengan Lebanon.

Selama pertemuan dengan Utusan Amerika Serikat (AS) Amos Hochstein di Tel Aviv pada Senin (16/9/2024), Gallant menekankan jendela untuk perjanjian diplomatik dengan pejuang yang berbasis di Lebanon telah ditutup.

“Hizbullah terus mengikatkan diri pada Hamas,” tulis Gallant di X. “Oleh karena itu, satu-satunya cara yang tersisa untuk memastikan kembalinya masyarakat utara Israel ke rumah mereka, adalah melalui tindakan militer.”



Gallant menyampaikan hal yang sama selama panggilan teleponnya dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, memperingatkan waktu “hampir habis” untuk mencapai kesepakatan dengan Hizbullah.

Lebih dari 60.000 warga Israel telah mengungsi sejak Hizbullah mulai menembakkan roket dan mortir melintasi perbatasan untuk mendukung Hamas di Gaza.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menanggapi dengan menyerang target-target di Lebanon dan menewaskan beberapa anggota senior Hizbullah, termasuk Fuad Shukr, yang tewas dalam serangan udara di Beirut pada akhir Juli.

Gallant dan pejabat Israel lainnya telah mengancam Hizbullah dengan respons militer yang menghancurkan di masa lalu, yang menimbulkan kekhawatiran akan invasi besar-besaran ke Lebanon.

Iran telah mengancam Israel dengan "perang yang menghancurkan" jika menyerang Lebanon. Namun, AS telah mencegah Israel memperluas operasi melawan Hizbullah karena khawatir hal itu dapat memicu konflik regional baru yang berkepanjangan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang telah berupaya menjadi penengah kesepakatan damai antara Israel dan Hamas, mengatakan pada Juli bahwa Washington "bertekad" menghindari konflik yang lebih besar.

Selama pertemuannya dengan Gallant, Hochstein mengatakan Washington mendukung solusi diplomatik dan memperingatkan serangan terhadap Hizbullah tidak akan menyebabkan kembalinya para pengungsi, Times of Israel melaporkan, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Hizbullah juga mengeluarkan peringatan keras pekan lalu, dengan anggota senior Naim Qassem mengatakan perang besar-besaran akan menghasilkan “kerugian besar di kedua belah pihak” dan lebih banyak pengungsi.

(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More