4 Negara Muslim yang Sudah Hilang, Salah Satunya Dibentuk untuk Melawan Dominasi Barat

Selasa, 17 September 2024 - 15:00 WIB
Pada dasarnya Republik Arab Bersatu adalah persatuan politik Mesir dan Suriah diproklamasikan pada 1 Februari 1958. Kala itu, Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser dan Presiden Suriah Shukri al-Quwatli menandatangani Pakta Persatuan.

Gerakan penyatuan ini adalah sebagai bentuk nasionalisme dan solidaritas bangsa Arab melawan kolonialisme Barat. Sebab, kawasan Arab terpecah-pecah menjadi sejumlah kekuatan yang mendapat pengaruh dari negara Barat.

Namun setelah beberapa tahun berjalan, Republik Arab Bersatu hancur. Suriah memisahkan diri karena merasa hanya menjadi "kendaraan" bagi kekuasaan pemerintahan Mesir.

Republik Arab Bersatu berakhir pada 28 September 1961. Meski begitu, Mesir tetap menggunakan nama Republik Arab Bersatu hingga 2 September 1971, setelah kematian Nasser.

4. Yaman Utara dan Selatan



Yaman yang dikenal saat ini merupakan unifikasi atau penyatuan dari Yaman Utara dan Selatan pada tahun 1990. Sebelum penggabungan itu, negara tersebut telah dilanda berbagai konflik dan perang saudara.

Konflik diketahui disebabkan karena kawasan Yaman Utara diabaikan oleh rezim Sana’a dalam hal infrastruktur, kesejahteraan sosial, kesehatan, dan pendidikan.

Keterbelakangan ini membuat wilayah utara mendapatkan stigma dari elite-elite politik di Sana’a (Ibu Kota Yaman) sebagai ”kampungan”, ”bodoh”, dan ”kasar” sehingga pantas untuk terus mendapatkan pengawasan.

Akibatnya, tumbuh semacam kesadaran komunal bersama di Utara, yang di kemudian hari membesar dan melampaui batas-batas desa, distrik, dan provinsi. Kondisi ini semakin menggerakkan Houthi untuk melancarkan kritik keras terhadap rezim Sana’a, terutama melalui ceramah-ceramah Hussein al-Houthi.

Meski saat ini wilayah utara dan selatan Yaman telah disatukan, konflik antara Yaman Utara dan Sana’a masih kerap terjadi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More