Inggris dan AS Ketir-ketir Rusia-Iran Barter Rahasia Nuklir dengan Pasokan Rudal

Minggu, 15 September 2024 - 11:52 WIB
Inggris dan AS ketir-ketir Rusia-Iran barter rahasia nuklir dengan pasokan rudal. Foto/Defence Turkey
WASHINGTON - Inggris dan Amerika Serikat (AS) telah menyuarakan kekhawatiran bahwa Rusia telah berbagi rahasia nuklir dengan Iran sebagai imbalan atas pasokan rudal balistik Teheran ke Moskow untuk mengebom Ukraina.

Selama pertemuan puncak di Washington DC pada hari Jumat, Perdana Menteri (PM) Inggris Keir Starmer dan Presiden AS Joe Biden mengakui bahwa kedua negara memperketat kerja sama militer pada saat Iran sedang dalam proses memperkaya uranium yang cukup untuk menyelesaikan tujuan lamanya guna membangun bom nuklir.

Sumber-sumber Inggris, seperti dikutip The Guardian, Minggu (15/9/2024), mengindikasikan bahwa kekhawatiran telah diutarakan tentang perdagangan Iran untuk teknologi nuklir, bagian dari aliansi yang semakin dalam antara Teheran dan Moskow.



Pada hari Selasa pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberikan peringatan serupa saat berkunjung ke London untuk menghadiri pertemuan puncak dengan mitranya dari Inggris, David Lammy. Namun, peringatan Blinken tidak banyak mendapat perhatian karena fokusnya saat itu adalah pengumuman AS tentang pasokan rudal Iran ke Moskow.



“Sementara itu, Rusia berbagi teknologi yang dicari Iran—ini adalah jalan dua arah—termasuk pada isu nuklir serta beberapa informasi ruang angkasa,” kata Blinken, menuduh kedua negara terlibat dalam kegiatan yang tidak stabil yang menabur “ketidakamanan yang lebih besar” di seluruh dunia.

Inggris, Prancis, dan Jerman bersama-sama memperingatkan pekan lalu bahwa persediaan uranium yang sangat diperkaya milik Iran telah terus bertambah secara signifikan, “tanpa pembenaran sipil yang kredibel” dan bahwa Iran telah mengumpulkan jumlah material yang signifikan untuk membuat bom nuklir.

Namun, tidak jelas seberapa banyak pengetahuan teknis yang dimiliki Teheran untuk membangun senjata nuklir pada tahap ini, atau seberapa cepat Iran dapat melakukannya.

Namun, bekerja sama dengan spesialis Rusia yang berpengalaman atau menggunakan pengetahuan Rusia akan membantu mempercepat proses pembuatannya—meskipun Iran menyangkal bahwa mereka mencoba membuat bom nuklir.

Iran telah membuat kesepakatan pada tahun 2015 untuk menghentikan pembuatan senjata nuklir dengan imbalan keringanan sanksi dengan AS dan negara-negara barat lainnya—tetapi kesepakatan tersebut dibatalkan pada tahun 2018 oleh presiden AS saat itu, Donald Trump.

Iran merespons langkah Trump itu dengan melanggar batasan yang disepakati mengenai jumlah uranium yang diperkaya yang dapat ditampungnya.

Kekhawatiran Barat bahwa Iran hampir dapat membuat senjata nuklir telah beredar selama berbulan-bulan, yang berkontribusi terhadap ketegangan di Timur Tengah, yang sudah mencapai puncaknya karena serangan Israel yang terus berlanjut terhadap Gaza.



Iran dan proksinya di Lebanon, Hizbullah, adalah pendukung Hamas—dan oleh karena itu pengembangan nuklir Teheran dipandang sebagai ancaman langsung oleh Israel.

Segera setelah Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina, Iran mulai memasok pesawat nirawak bersayap delta Shahed ke Moskow dan membantu Rusia membangun pabrik untuk membuat lebih banyak lagi pesawat nirawak untuk mengebom target-target di seluruh Ukraina.

Pada bulan April tahun ini, Iran meluncurkan serangan rudal dan pesawat nirawak ala Rusia yang ditujukan ke Israel, meskipun pada dasarnya serangan itu dicegah dan dihentikan dengan bantuan AS dan Inggris.

Rusia dan Iran, meskipun secara historis bukan sekutu, telah semakin bersatu dalam penentangan mereka terhadap Barat, bagian dari "poros pergolakan" yang lebih luas yang juga mencakup China dan Korea Utara dalam berbagai tingkatan, yang mencerminkan kembalinya era persaingan negara yang mengingatkan pada Perang Dingin.

Minggu lalu di London, Blinken mengatakan bahwa intelijen AS telah menyimpulkan bahwa gelombang pertama rudal balistik Fath-360 Iran berkecepatan tinggi, dengan jangkauan hingga 75 mil (120 km), telah dikirim ke Rusia.

Mampu menyerang kota-kota garis depan Ukraina yang telah dibombardir, rudal-rudal itu mendorong penilaian ulang yang dramatis dalam pemikiran barat serta sanksi ekonomi baru.

Starmer terbang ke Washington pada Kamis malam untuk mengadakan pertemuan puncak kebijakan luar negeri khusus dengan Biden di Gedung Putih pada Jumat, dimulai dengan pertemuan singkat “one on one” di Oval Office diikuti dengan pertemuan selama 70 menit dengan tim kebijakan luar negeri teratas kedua belah pihak di Blue Room.

Para pemimpin dan ajudan mereka membahas perang di Ukraina, krisis di Timur Tengah, Iran, dan persaingan yang muncul dengan China.

Starmer membawa serta Lammy, kepala staf Downing Street, Sue Gray, dan penasihat keamanan nasional Inggris, Tim Barrow, sementara Biden ditemani oleh Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, dan lain-lain.

Sebelum pertemuan tersebut, sumber-sumber Inggris mengindikasikan bahwa kedua negara pada prinsipnya telah sepakat untuk mengizinkan Ukraina menembakkan rudal Storm Shadow jarak jauh Inggris-Prancis ke Rusia untuk pertama kalinya.

Namun Biden tampaknya mengisyaratkan topik tersebut sebagai salah satu alasan pertemuan langsung, dengan mengatakan kepada wartawan: "Kita akan membahasnya sekarang," saat pertemuan dimulai.

Tidak ada pembaruan setelah pertemuan tersebut, sebagian untuk membuat Kremlin menebak-nebak.

Setiap penggunaan rudal tersebut diharapkan menjadi bagian dari rencana perang yang lebih luas di pihak Ukraina yang bertujuan menggunakannya untuk menargetkan pangkalan udara, lokasi peluncuran rudal, dan lokasi lain yang digunakan oleh Rusia untuk mengebom Ukraina.

Inggris memerlukan izin Gedung Putih untuk mengizinkan Ukraina menggunakan rudal di Rusia karena rudal tersebut menggunakan komponen yang diproduksi di AS.

Protokol menetapkan bahwa Biden dan Starmer—keduanya hadir tanpa kartu nama tercetak—yang paling banyak berbicara, sementara politisi dan pejabat lain yang hadir hanya berbicara saat diperkenalkan oleh presiden atau perdana menteri.

Lammy diminta oleh Starmer untuk memberi tahu mereka yang hadir tentang perjalanannya dan Blinken ke Kyiv pada hari Kamis untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Tak lama setelah pertemuan tersebut, Starmer mengatakan kedua belah pihak telah melakukan "diskusi luas tentang strategi".
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More