2 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Buatan Rusia di Turki, Wilayah Akkuyu dan Sinop

Jum'at, 13 September 2024 - 16:32 WIB
Pembangunan unit pertama telah dimulai sejak 2018 dan kemungkinan besar akan mulai beroperasi, sedangkan untuk penyelesaian empat unit dijadwalkan akan rampung di tahun 2028 mendatang.

Terkait pembangunan PLTN ini, Presiden Turki Erdogan juga berterima kasih kepada Putin. "Kami akan mengambil langkah-langkah selanjutnya untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir kedua dan ketiga di Turki secepat mungkin," ujar Erdogan.

2. PLTN Rusia di Sinop



Belum cukup dengan satu PLTN, Turki berencana untuk kembali membuat PLTN di wilayah lain. Dikabarkan jika negara tersebut tengah berunding dengan Rusia dan Korea Selatan untuk membangun empat pembangkit listrik tenaga nuklir di Sinop, kota di wilayah utara Laut Hitam.

Hal itu dilakukan oleh Turki sebab konsorsium Jepang-Prancis telah menyerah untuk membangun proyek di lokasi tersebut. Meski belum terwujud, Turki belakangan gencar bekerja sama dengan negara-negara lain untuk memenuhi kebutuhan listrik mereka.

Bahkan dikabarkan jika China menjadi salah satu negara yang akan bekerjasama dengan Ankara. Menurut Eurasian Times, kesepakatan Turki akan segera terjadi dengan China.

Sumber perusahaan yang memiliki informasi mengatakan kepada Nikkei Asia bahwa "negosiasi berjalan dengan positif" dan mengantisipasi kesepakatan bilateral akan tercapai dalam waktu satu tahun.

Jika kesepakatan itu berhasil dirampungkan, hal itu akan mewakili persahabatan Turki dalam segala arah, terutama di tengah meningkatnya ketegangan AS-China dan invasi Rusia ke Ukraina, yang telah mengubah wajah keamanan Eropa dan memperparah garis patahan yang ada antara Barat dan kedua pesaing terbesarnya.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More