Pemimpin Afrika Disambut Karpet Merah di China, Berikut 5 Motivasinya

Rabu, 11 September 2024 - 22:50 WIB
Pemimpin Afrika disambut karpet merah di China. Foto/AP
BEIJING - Dengan kemegahan dan kemegahan, China telah menyambut lebih dari 50 pemimpin Afrika di Beijing pekan lalu untuk menghadiri pertemuan puncak guna memperkuat hubungan di tengah meningkatnya gejolak politik dan ekonomi di seluruh dunia.

"Itu menarik kesombongan mereka," kata Macharia Munene, seorang profesor hubungan internasional yang tinggal di Kenya kepada BBC, mengacu pada sambutan karpet merah - dibumbui dengan hiburan oleh para penari dengan kostum warna-warni - yang diterima para pemimpin.

Koreografi yang cermat dibuat untuk membuat para pemimpin merasa bahwa itu adalah pertemuan yang setara. Banyak dari mereka - termasuk Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dan William Ruto dari Kenya - mengadakan pertemuan empat mata dengan mitra mereka dari China Xi Jinping dan diajak berkeliling Beijing dan kota-kota lain yang menjadi pusat pembangunan Tiongkok menjelang pertemuan puncak tersebut.



Pemimpin Afrika Disambut Karpet Merah oleh China, Berikut 5 Motivasinya

1. Korban Imperialisme Barat



Foto/AP

Seperti yang dikatakan Prof Munene, tujuan Tiongkok adalah untuk menunjukkan kepada para pemimpin Afrika bahwa "kita berada di perahu yang sama, kita semua adalah korban imperialisme Barat".

Paul Frimpong, direktur eksekutif Pusat Kebijakan dan Penasihat Afrika-China yang berbasis di Ghana, mengatakan bahwa negara-negara Barat - serta negara-negara Teluk yang kaya minyak - mencoba menyamai pengaruh China di Afrika.

"Ada minat dan persaingan yang kuat dalam dan di sekitar potensi Afrika," katanya kepada BBC.

2. Memiliki Posisi yang Setara sebagai Negara Berkembang

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More