6 Sinyal Kekalahan Ukraina, dari Banyak Tentara Disersi hingga Moral yang Rendah

Minggu, 08 September 2024 - 21:10 WIB
Foto/AP

Seiring memburuknya situasi medan perang, semakin banyak pasukan yang mulai menyerah. Hanya dalam empat bulan pertama tahun 2024, jaksa penuntut meluncurkan proses pidana terhadap hampir 19.000 tentara yang meninggalkan jabatan mereka atau membelot, menurut parlemen Ukraina. Lebih dari satu juta warga Ukraina bertugas di pasukan pertahanan dan keamanan negara itu, meskipun jumlah ini mencakup semua orang, termasuk orang-orang yang bekerja di kantor-kantor yang jauh dari garis depan.

Beberapa komandan mengatakan kepada CNN bahwa banyak perwira tidak akan melaporkan desersi dan ketidakhadiran yang tidak sah, sebaliknya berharap untuk meyakinkan pasukan untuk kembali secara sukarela, tanpa menghadapi hukuman.

Pendekatan ini menjadi sangat umum sehingga Ukraina mengubah undang-undang untuk mendekriminalisasi desersi dan ketidakhadiran tanpa izin, jika dilakukan untuk pertama kalinya.

Horetskyi mengatakan kepada CNN bahwa langkah ini masuk akal. "Ancaman hanya akan memperburuk keadaan. Seorang komandan yang cerdas akan menunda ancaman, atau bahkan menghindarinya," katanya.

Pokrovsk telah menjadi episentrum pertempuran untuk wilayah timur Ukraina. Pasukan Rusia telah bergerak maju perlahan menuju kota selama berbulan-bulan, tetapi kemajuan mereka telah dipercepat dalam beberapa minggu terakhir karena pertahanan Ukraina mulai runtuh.

5. Banyak Wilayah Ukraina yang Dicaplok Rusia



Foto/AP

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperjelas bahwa tujuannya adalah untuk menguasai seluruh wilayah Donetsk dan Luhansk di Ukraina dan mengambil alih Pokrovsk, pusat militer dan pasokan penting, akan menjadi langkah besar menuju tujuan tersebut.

Pokrovsk terletak di jalan utama yang menghubungkannya dengan kota-kota militer lain di wilayah tersebut dan jalur kereta api yang menghubungkannya dengan Dnipro. Tambang batu bara kokas utama terakhir yang masih berada di bawah kendali Kyiv juga berada di sebelah barat kota, memasok kokas untuk membuat baja – sumber daya yang sangat diperlukan di masa perang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More