Rusia Bombardir Kota-kota di Perbatasan Ukraina, Polandia Siagakan Pesawat Tempur

Rabu, 04 September 2024 - 16:35 WIB
Polandia kerahkan jet tempurnya saat Rusia membombardir kota-kota di perbatasan Ukraina. Foto/AP
MOSKOW - Polandia , negara anggota NATO, mengerahkan pesawat saat Rusia melancarkan serangan udara di kota Lviv, Ukraina bagian barat, dekat perbatasannya.

Pesawat Polandia dan negara-negara NATO dikerahkan pada Selasa malam (3/9/2024_ saat Rusia melancarkan serangan besar-besaran di Lviv. Itu adalah ketiga kalinya dalam delapan hari pertahanan negara anggota NATO tersebut diaktifkan sejak Rusia meningkatkan pembomannya di Ukraina.

Setidaknya tujuh orang dilaporkan tewas di Lviv, dengan banyak lagi yang terluka dalam serangan pesawat nirawak dan rudal yang mengakibatkan hancurnya bangunan bersejarah di jantung kota, menurut pejabat daerah. Andriy Sadovyi, wali kota kota Lviv, mengatakan tiga anak termasuk di antara yang tewas.



Dalam sebuah video yang diunggah di aplikasi perpesanan Telegram yang memperlihatkan wali kota di antara puing-puing bangunan yang hancur, ia mengatakan lebih dari 50 bangunan, dari sekolah hingga rumah dan klinik, sebagian besar di jantung kota, telah rusak.

Komando operasional angkatan bersenjata Polandia mengatakan di platform X bahwa "pesawat Polandia dan sekutu" telah dikerahkan karena serangan Rusia di Ukraina barat.

"Ini adalah malam yang sangat sibuk bagi seluruh sistem pertahanan udara," tulis postingan tersebut, dilansir Al Jazeera.

Rusia juga menyerang Kyiv dan beberapa wilayah lain dengan rudal pada Rabu pagi, tetapi tidak ada kerusakan langsung yang dilaporkan.



Moskow telah menggempur Ukraina dengan ratusan rudal dan pesawat nirawak selama dua minggu terakhir. Para blogger militer Rusia mengklaim bahwa peningkatan serangan udara tersebut merupakan respons terhadap serbuan Kyiv ke wilayahnya di Kursk.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More