Siapa Paetongtarn Shinawatra? Politikus Cantik dan Muda yang Jadi PM Thailand dan Mewujudkan Perubahan

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 17:26 WIB
Paetongtarn Shinawatra menjadi PM Thailand karena intervensi ayahnya. Foto/AP
BANGKOK - Parlemen Thailand memilih perdana menteri termuda, Paetongtarn Shinawatra, beberapa hari setelah pemecatan mantan Perdana Menteri Srettha Thavisin.

Hakim Mahkamah Konstitusi memberikan suara 6-3 tahun ini untuk menerima petisi yang diajukan oleh 40 senator untuk mencopot Srettha, dari Partai Pheu Thai.

Para senator mengeluhkan penunjukan mantan pengacara Pichit Chuenban oleh Srettha, yang dipenjara selama enam bulan pada tahun 2008 karena menghina pengadilan, menyusul tuduhan bahwa ia telah mencoba menyuap pejabat pengadilan dengan 2 juta baht ($55.218) yang dimasukkan ke dalam kantong belanja kertas.



Para senator berpendapat bahwa penunjukan Pichit oleh Srettha tidak memenuhi standar etika dan moral.

Para kritikus juga berspekulasi bahwa hubungan Pichit dengan miliarder Thaksin Shinawatra, yang mendirikan partai Pheu Thai pada tahun 2007, mendukung kenaikan jabatannya.

Srettha secara resmi dicopot oleh Mahkamah Konstitusi di Bangkok pada hari Rabu. Ia adalah perdana menteri Thailand keempat dalam 16 tahun yang dicopot oleh Mahkamah Konstitusi.

Siapa Paetongtarn Shinawatra? Politikus Cantik dan Muda yang Jadi PM Thailand dan Mewujudkan Perubahan

1. Putri Bungsi Thaksin Shinawatra



Foto/AP

Melansir Al Jazeera, Paetongtarn, 37, adalah anak bungsu dari miliarder Thaksin, 75, pendiri partai Pheu Thai, yang juga berafiliasi dengan Srettha.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More